logo


Babinsa Sambik Bangkol Cek Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19

Berikut penjelasanya
106 View

Babinsa Sambik Bangkol Cek Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19
Foto doc. Pendim 1606/Lobar

TAJUKLOMBOK.COM - Gangga KLU, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sambik Bangkol Koramil 10/Gangga Kodim 1606/Lobar Peltu Zaenal AK, melaksanakan pengecekan ketersediaan Pupuk Bersubsidi dan Non Subsidi di Distributor UD. Ibnu Farm milik Saudari. Nurul di Dusun Jugil Timur Ds. Sambik Bangkol Kec. Gangga Kab. Lombok Utara. Jum’at (19/02)

Kegiatan ini adalah bagian dari pendampingan dan pengawalan upaya khusus program ketahanan pangan nasional. Hal tersebut dilakukan dengan pengecekan distribusinya melalui Distributor maupun kios-kios yang ada di wilayah binaan.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui stok pupuk yang ada di Distributor maupun Kios-kios di wilayah Kecamatan Gangga. Sasaran pengecekan tersebut terutama pada ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai jatah masing-masing Desa yang menjadi tanggungjawabnya sehingga tidak ada penyimpangan dan sesuai dengan alokasi kebutuhan di wilayahnya.

Melalui pengecekan secara langsung di Distributor maupun Kios-kios resmi itulah dapat diketahui stok pupuk yang ada, sehingga dapat diantisipasi dan dipastikan para petani tidak kesulitan mendapatkan pupuk terlebih pupuk bersubsidi.

Saat dikonfirmasi Babinsa Sambik Bangkol Koramil 10/Gangga Kodim 1606/Lobar Peltu Zaenal AK mengungkapkan, pengecekan ketersediaan dan harga pupuk yang difokuskan pada pupuk bersubsidi.

"ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan pupuk dan harga yang ada di Distributor dan Kios-kios pertanian termasuk distribusinya," Ujar Babinsa.

Sesuai hasil pengecekan kami di Distributor UD. Ibnu Farm milik Sdri. Nurul tersedia Pupuk sekitar 15 Ton terdiri dari 5 Ton Pupuk Urea, 8 Ton Pupuk NPK dan 2 Ton Pupuk Petroganik (Organik), sedangkan di Desa Sambik Bangkol terdapat 6 Poktan, hingga saat ini masih aman dan tidak mengalami kelangkaan.

"Untuk harga Pupuk masih relatif normal, harganya sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah serta terjangkau oleh para petani, dan untuk ketersediaan pupuk saya perkirakan bisa mencukupi untuk musim perawatan padi kali ini. Dengan catatan pupuk Subsidi ini tidak diselewengkan oleh pihak tertentu,"Ungkap Babinsa.(TL/red)

Editor : ofik