logo


Bang Zul dan Umi Rohmi, Tokoh Yang Paling Banyak Diperbincangkan Netizen di NTB

Berikut penjelasanya
63 View

Bang Zul dan Umi Rohmi, Tokoh Yang Paling Banyak Diperbincangkan Netizen di NTB
Dari sederet tokoh-tokoh yang banyak diperbincangkan oleh para netizen sejak tahun 2019 hingga September 2020, muncul nama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah di posisi teratas_foto doc. Humas NTB

TAJUKLOMBOK.COM - Mataram, Dari sederet tokoh-tokoh yang banyak diperbincangkan oleh para netizen sejak tahun 2019 hingga September 2020, muncul nama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah di posisi teratas. 

Koordinator Tim Ahli PRCC Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Jian Budiarto mengatakan, pihaknya mengambil data dari media online dan tiga platform media sosial yaitu Facebook, Instagram dan Twitter. Basis analisanya yaitu berdasarkan jumlah pemberitaan media online serta jumlah mention dan tag di media sosial.

Secara konsisten nama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah berada di posisi satu dan dua setiap pekannya. Untuk di posisi tiga yang paling banyak diperbincangkan netizen selalu berubah-ubah, tergantung isu yang hangat pada saat itu.

“Terkadang di posisi tiga tokoh yang paling banyak diperbincangkan netizen di NTB setiap pekannya itu bisa menteri, bisa kepala OPD atau tokoh yang lainnya. Kan lumayan sering menteri datang ke NTB. Itu bisa juga menjadi trending topik. Namun nama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tetap di posisi satu dan dua, karena kami memantau selalu ada hal yang menarik setiap hari yang menjadi konsumsi perbincangan netizen,” kata Jian Budiarto Selasa 22 September 2020.

Berdasarkan data hasil analisis sepanjang 2019 hingga  2020, Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah atau Bang Zul disebutkan namanya dalam pemberitaan media online serta mendapat mention dan tag di media sosial sebanyak 17.617 kali, sehingga ia menempati posisi satu. Sementara di posisi dua nama Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah atau Umi Rohmi mencuat sebanyak 15.264 kali.

Posisi ke tiga ada nama Fahri Hamzah dengan jumlah perbincangan sebanyak 14.090  kali, posisi ke empat muncul nama TGH M Zainul Majdi atau TGB yang diperbincangkan sebanyak 9.787 kali. Di posisi ke lima muncul nama Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. Nurhandini Eka Dewi dengan jumlah perbincangan sebanyak 829 kali.

Selanjutnya di posisi ke enam, mencuat nama Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri dengan jumlah perbincangan sebanyak 684, di posisi ke tujuh ada nama Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi dengan jumlah perbincangan sebanyak 482, posisi ke delapan muncul nama Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal dengan jumlah perbincangan sebanyak 459.

Kemudian di urutan ke sembilan ada nama Karo Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy dengan jumlah perbincangan sebanyak 438, urutan ke 10 muncul nama Dirut RSUD NTB dr. Hamzi Fikri dengan jumlah perbincangan sebanyak 376. 

Selanjutnya dari urutan ke 11 sampai 15 masing-masing figur yang mendapat atensi di permberitaan media online dan mention serta tag di media sosial di NTB yaitu Lalu M. Zohri (330) , Prof. Dien Syamsudin (288) Najwa Shihab (263) dr HL Herman Mahaputra (243) Eva Yolanda (124).(TL/red) 

Editor  : ofik