logo


Cak Nun Sebut Orang Jawa Lebih Licik Dari Israel, Ini Penjelasannya

Berikut penjelasanya
215 View

Cak Nun Sebut Orang Jawa Lebih Licik Dari Israel, Ini Penjelasannya
Emha Ainun Najib_foto koleksinya Caknun.com

TAJUKLOMBOK. COM - Cak Nun sebut orang Jawa lebih licik dari Yahudi lantaran berani bohongi malaikat. Video berisi pernyataan pria bernama lengkap Emha Ainun Nadjib itu belakangan viral di media sosial.

Saat ditelusuri, video pernyataan Cak Nun tersebut awalnya ditayangkan kanal Youtube First Name seperti dilihat pada Selasa (18/5/2021).

Dalam tayangan video berjudul 'Sak Licik-licike Wong Israel Yahudi, Tetep Iseh Licik Wong Jowo', mulanya Cak Nun membahas soal hubungan Israel dengan masyarakat Jawa.

Ia menyebut, sampai kapan pun Israel tak akan pernah berani mengusik masyarakat Jawa.

Pasalnya, kata Cak Nun, selain usia yang lebih tua tanah Jawa juga memiliki masyarakat yang pandai hidup dalam penderitaan. Sehingga, jika ada negara termasuk Israel yang hendak mengusik dan menjajah mereka rasanya percuma.

"Jadi orang Jawa itu ahli penderitaan, dan orang yang muncul kependekarannya dalam keadaan kritis. Itulah orang Jawa. Orang Jawa itu makhluk ciptaan Allah yang paling spesial," ujar Cak Nun.

Maka dari itu, menurut Cak Nun, bangsa Yahudi di Israel sangat takut dengan orang Jawa. Hal itu menurutnya terlihat dari sejumlah tempat di negara zionis tersebut yang memakai nama Jawa.

"Makanya Israel takut banget sama orang Jawa, semua tempatnya dikasih nama Jawa. Ibu Kotanya Jaffa Tel Aviv. Semua kantor-kantor di Israel, pakai kata Jaffa semua, karena mereka tahu, saat mereka dikalahkan kekuatan-kekuatan baru, maka perlindungannya ke sini," tuturnya.

Selain itu, Cak Nun juga mengungkapkan bahwa bangsa Yahudi di Israel masih kalah licik dibandingkan masyarakat Jawa.

Hal itu, lanjut Cak Nun, lantaran Yahudi Israel hanya berani membohongi organisasi dunia PBB sementara orang Jawa sudah berani menipu malaikat.

"Yahudi takut sama orang sini (Jawa), soalnya selicik-liciknya orang Yahudi di Israel, masih lebih licik orang Jawa. Selicik-liciknya Yahudi, paling ngebohongin PBB, Pentagon, atau Washington. Nah kalau orang Jawa, ngebohongin malaikat juga berani," ujarnya. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya

Sumber : FB Akhirnya Aku Tahu