logo


Desa Sekaroh Gelar Musyawarah Antisipasi Keamanan Pasca Panen

Berikut penjelasanya
47 View

Desa Sekaroh Gelar Musyawarah Antisipasi Keamanan Pasca Panen

TAJUKLOMBOK.COM -  Lombok Timur, Setengah abab pertanian jagung menjadi penghasilan pokok bagi sebagian besar masyarakat desa sekaroh. Sehingga masyarakat luar pun berbondong-bondong mulai bertani. Semenjak terjadi musim panen raya, bagian selatan lombok timur selalu tidak aman. Sehingga pemerintah desa dengan sigap menyikapi hal itu dengan mengadakan musyawarah terkait keamanan lingkungan pasca panen raya. 

"Betapa pentingnya mengingat peristiwa yang sudah lalu. Tentu kami selaku pemerintah desa mengupayakan antisipasi pasca panen raya. Garda terdepan Badan Keamanan Desa (BKD) akan bersinergi dengan pihak Kepolisian/Polsek Jerowaru. Maksud dan tujuan kami mengundang semua elemen masyarakat, serta pihak aparatur desa untuk bersama-sama menjaga keamanan desa kita," Jelasnya, (24/03/21) . 
 
Untuk tahun 2021, Kepala Desa akan menganggaran honor untuk BKD sebesar 200.000-400.000 per bulannya. Hal tersebut tentu dengan tujuan agar BKD benar-benar menjamin keamanan untuk Desa. 

Dalam agenda musyawarah ini Kepala Desa Sekaroh juga mengajak masyarakat untuk membersihkan wilayah masing-masing  agar rasa nyaman beribadah di bulan ramadhan nantinya. Termasuk jalur petani juga akan di selesaikan oleh pihak Pemdes agar para petani bisa lebih mudah mengakses jalan ketika panen tiba. 

Turut memberikan apresiasi, Sekcam Jerowaru sangat mengapresiasikan  langkah antisipaif Kepala Desa dalam meningkatkan Keamanan Desa. 

"Sangat luar bisa langkah yang diambil pak kades, perihal kejahatan yang pernah terjadi menjadi acuan kita untuk berbenah" Ungkap Pak Sekcam. 

Sambung Polmas sekaroh, "Dengan hormat meminta masyarakat Desa Sekaroh untuk terus menjaga komunikasi antar masyarakat agar keamanan setiap sudut desa aman dari kejahatan" arahnya.

Keamanan bukan hanya tanggung jawab segelintir orang, tetapi tanggung jawab semua elemen masyarakat bersama pemerintah desa. Dengan terciptanya rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat tentu sosial ekonomi masyarakat akan meningkat dengan sendirinya. (TL/Red). 

 

Laporan : Yayan
Editor : Arifilz Soemarta