logo


Dikbud NTB Gelar Evaluasi Kinerja Kepsek di SMKN 1 Sekotong

Berikut penjelasanya
125 View

Dikbud NTB Gelar Evaluasi Kinerja Kepsek di SMKN 1 Sekotong
Dokpri

TAJUKLOMBOK. COM - Mataram, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB menggelar Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah dan Kasubag TU SMA/SMK/SLB tahun 2020 secara serentak di sepuluh kabupaten/kota se NTB. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan di lingkup Dikbud Provinsi NTB berdasarkan surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan No. 005/4279a.PKTP/Dikbud pertanggal 07 Oktober 2020.

Pelaksanaan evaluasi tersebut dilaksanakan dengan dua bentuk. Pertama dengan presentasi dan wawancara oleh tim Dkbud Provinsi NTB dan kedua dengan penilaian menggunakan instrument IT yang dilaksanakan oleh pengawas.

Tahap pertama evaluasi kinerja untuk lingkup KCD Dikbud Lombok Barat -Mataram dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2020 di SMKN 3 Mataram. Sementara itu SMK Negeri 1 Sekotong penialaian instrument IT oleh Drs. H. Moh Khalil, M.Pd dari pengawas Dikbud Kabupaten Lombok Tengah.

Kunjungan tersebut di terima langsung oleh Plt. Kepala SMK Negeri 1 Sekotong dan Tim Manajemen SMK Negeri 1 Sekotong yang sudah melakukan persiapan satu minggu sebelumnya. Kegiatan dimulai di ruang guru yang di hadiri oleh tim sekolah.

Dalam arahannya Drs. H. Moh. Khalil, M.Pd menyampaikan beberapa hal kaitannya dengan evaluasi kinerja.

"Kedatangan kami ke SMKN 1 Sekotong selain untuk evaluasi juga untuk bersilaturrahim. Yang dinilai bukan hanya kepala sekolah melainkan secara keseluruhan bagaimana pengelolaan sekolah", ungkap Khalil.

Sekolah akan hebat lanjutnya, jika PTKnya hebat. Disekolah di umpamakan seperti mata rantai maka kekuatan rantai itu tidak pada rantai yang kuat akan tetapi terletak pada rantai yang lemah, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama ia juga menyampaikan lima poin yang akan menjadi penilaian dalam evaluasi kinerja.

"Setidaknya ada lima poin yang menjadi bahan evaluasi kinerja kepala sekolah: Pelaksanaan tugas pokok kepala sekolah, Tugas tambahan, Pengembangan profesi berkelanjutan, Penunjang, dan Strategi implementasi 4 P (Profil, Penampilan, Pelayanan, dan Prestasi)", bebernya.

Sementara itu Plt. Kepala SMKN 1 Sekotong Sulman Haris, M.Pd menyampaikan bahwa Evakin ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan penilaian terhadap Satuan Pendidikan agar pendidikan di SMKN 1 Sekotong bisa menjadi Pendidikan yang membanggakan untuk NTB Gemilang. Oleh karnanya semua warga sekolah harus mampu melaksankan tugas fungsi masing-masing, bersinergi, kompak dalam membangun iklim serta suasana kerja yang harmonis, jelas Sulman. (TL/Red).

Oleh : Rahman

Editor : Amaq Auliya