logo


Dispar Lobar Tunjukkan Eksistensi Senggigi Dengan Menggelar Atraksi Tari

Berikut penjelasanya
48 View

Dispar Lobar Tunjukkan Eksistensi Senggigi Dengan Menggelar Atraksi Tari

TAJUKLOMBOK. COM - Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) bersama The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa malam tadi (10/4) menggelar atraksi tari. Kegiatan ini menjadi upaya pemerintah untuk terus menunjukkan eksistensi pariwisata Senggigi.

Ada lima jenis tarian yang ditampilkan yakni Egrang Tambok, Batek Baris, Broadway Dance, Street Dance dan Fire Dance (Tari Api). Egrang Tambok merupakan tarian yang diangkat dari permainan tradisional anak-anak di Lombok. Tarian ini menggunakan batok kelapa sebagai properti pementasan.

Batek Baris merupakan tarian baris-berbaris yang meniru gerakan tentara kolonial tempo dulu. Dalam banyak gerakannya melafazkan instruksi bahasa Belanda yang diucapkan ke dalam bahasa Sasak.

Sementara Broadway dan Street Dance merupakan dua tarian luar. Broadway Dance cenderung musikal dan diiringi gerak para penari. Sedangkan Street Dance cenderung dipertunjukkan dengan memanfaatkan semua ruang terbuka.

Pamungkas dari atraksi ini yakni Tari Api atau Fire Dance. Tarian ini tampil memukau dengan mengandalkan properti api yang dimainkan para penarinya.

Kendati dilaksanakan streaming, secara offline atraksi ini disaksikan sejumlah tamu yang menginap di Hotel Jayakarta. Namun demikian, standar protokol kesehatan tetap diperketat.

Dalam 16 event yang termuat dalam agenda Calendar of Event (CoE) Lombok Barat tahun ini, pemerintah melalui Dispar Lobar selaku penyelenggara memperketat penerapan protokol kesehatan covid-19. Untuk mencegah kerumunan, kegiatan offline dibatasi dan beralih ke kegiatan yang berbasis online atau live streaming melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Lombok Barat.

"Event malam ini adalah rangkaian dari Harmoni Lombok Barat, event untuk menyambut HUT Lombok Barat yang ke-63. Tentu maksud kita adalah juga memberikan kesempatan kepada para pelaku seni untuk tetap kreatif berkesenian, juga kepada khalayak luas untuk selalu menggaungkan Senggigi masih layak untuk dikunjungi," terang Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam usai acara. 

Seluruh kegiatan dalam agenda CoE ini akan melibatkan para pelaku pariwisata yang ada di Lobar. Mulai dari para pegiat seni budaya, pihak hotel, hingga pihak desa khususnya desa wisata. Hal itu disambut baik General Manager The Jayakarta, Cherry Abdul Hakim.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Dinas Pariwisata Lombok Barat yang telah mengajak kita dari pihak industri untuk berkolaborasi mengadakan event dalam rangkaian Harmoni Lombok Barat," ucapnya.

"Harapan kita tentunya dengan kegiatan ini kita melihat bahwa pariwisata di Lombok Barat itu tidak diam, tetap bergerak. Jadi itu menandakan kita optimis bahwa pariwisata ini akan kembali pulih dan minimal ini juga menjadi bahan promosi bagi semua orang bahwa di Lombok Barat memiliki potensi kesenian dan kebudayaan yang cukup kaya," lanjutnya.

Pekan lalu, Dispar berkolaborasi dengan Holiday Resort Lombok dalam rangkaian Harmoni Lombok Barat. Jika malam tadi menampilkan permainan tradisional dan aneka tarian, pekan lalu Harmoni Lombok Barat menyajikan aneka musik. Ada musik tradisional Genggong, musik mini orkestra, musik akustik, dan musik kontemporer. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya