logo


Ditengah Pandemi, SMAN 1 Keruak Luncurkan SIMPEN sebagai Media Pengumuman Kelulusan

Berikut penjelasanya
1946 View

Ditengah Pandemi, SMAN 1 Keruak Luncurkan SIMPEN sebagai Media Pengumuman Kelulusan
Dokpri

TAJUKLOMBOK. COM - Semenjak diberlakukannya pembatasan sosial akibat penyebaran coronavirus disease (Covid-19), sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi mulai meniadakan kegiatan pembelajaran tatap muka di area sekolah. Imbasnya, pihak sekolah harus memutar otak untuk melanjutkan proses pembelajaran dan memberikan informasi penting kepada siswa. 

Akibat pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah atau study from home (SFH), dan mepetnya Pengumuman kelulusan SMA/SMK dan MA yang akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2020 sesuai edaran Kementrian dan Dikbud Provinsi Nusa Tenggara Barat mengharuskan sekolah untuk melakukan pengumuman secara online di tengah wabah COVID-19.

Adalah SMA Negeri 1 Keruak jauh hari telah menyiapkan platform aplikasi pengumuman hasil kelulusan online yang diberi nama SIMPEN Versi 5.1 (Sistem Informasi Kelulusan Online). 

SMA Negeri 1 Keruak memang dari tahun 2017 selalu melakukan pengumuman kelulusan melalui internet (daring) sejak Aplikasi SIMPEN rilis versi 1.0. dikarenakan Aplikasi SIMPEN ini ada berkat inisiasi dari SMA Negeri 1 Keruak dan sudah banyak di gunakan oleh sekolah di luar daerah.

Wakakurikulum SMA Negeri 1 Keruak (Marianom, S.Pd) ikut berkontribusi dalam pengembangan dan penyempurnaan fasilitas dan layanan pada Aplikasi SIMPEN di Versi 5.1 ini dimana Aplikasi lebih fleksibel dan multi-cross platform sesuai arahan dari Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

"Diharapkan dengan rilisnya aplikasi pengumuman versi terbaru ini dapat memudahkan siswa mengakses hasil kelulusan dari rumah",  jelas Wakakurikulum SMA Negeri 1 Keruak Marianom, S.Pd saat dikonfirmasi.

Ditambahkannya, bahwa setiap rumah sekarang ini paling sedikit punya 2 telepon pintar, bahkan masing-masing siswa rata-rata punya android, jadi anak-anak tidak akan kesulitan.

"Cukup dengan modal kuota dari perangkat mobilenya, anak-anak sudah bisa mengakses tanpa harus datang ke sekolah untuk melihat pengumuman hasil kelulusan apalagi di tengah Pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita melakukan social-distancing", tandasnya.

Sementara itu, disinggung mengenai pelaksanaan pengumuman kelulusan, Anom menjelaskan bahwa akan dilaksanakan tanggal 4 Mei.

"Untuk kami di SMAN 1 Keruak telah ditetapkan bahwa pengumuman kelulusan nanti 4 Mei," tutupnya.

(TL/Red).

Editor : Amaq Auliya