logo


DLHK Lotim Wacanakan Pengembangan Sistem GIS Untuk Pemetaan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Berikut penjelasanya
1096 View

DLHK Lotim Wacanakan Pengembangan Sistem GIS Untuk Pemetaan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Kantor DLHK Lombok Timur

TAJUKLOMBOK.COM - Lombok Timur merupakan satu-satunya kabupaten di NTB yang menjalankan program Lombok Timur Menuju Smart City, akan tetapi pengembangan dan implementasi smart city memang masih belum optimal dilakukan di Kabupaten Lombok Timur. Masih banyak Dinas di Kabupaten Lombok Timur masih melakukan pekerjaan secara manual, salah satunya adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok Timur.

Dedy Sutarmin Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hidup yang baru dilantik Tanggal 6 Desember 2018 kemarin menuturkan bahwa DLHK saat ini masih melakukan pendataan, pemetaan dan pelaporan secara manual sehingga menurutnya perlu untuk memiliki Database terkait data pencemaran dan kerusakan lingkungan di Lombok Timur. Dari database itu kemudian nantinya dapat dilakukan pemetaan menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) dimana lokasi-lokasi yang terindikasi tercemar, data juga dapat di tampilkan dalam bentuk grafik atau bagan kecamatan mana yang paling banyak titik lokasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Selain itu beliau juga menginginkan agar selain melakukan pendataan Pencemaran dan Kerusakan lingkungan, perlu untuk membuatkan fasilitas atau ruang (Aplikasi) untuk masyarakat melaporkan tentang pencemaran dan kerusakan lingkungan sehingga nanti di aplikasi jelas laporan masyarakat tersebut bagaimana tindak lanjut dari Dinas.

Semoga apa yang di wacanakan Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur terlaksana dan direalisasikan secara menyeluruh sehingga dapat menunjang Moto Lombok Timur Menuju Smart City.(red)(tl_indra)