logo


Gempa 6.8 Guncang Ambon Dua Orang Dilaporkan Tewas Tertimpa Reruntuhan

Berikut penjelasanya
Kamis, 26 Sep 2019, 05:52:47, 166 View

Gempa 6.8 Guncang Ambon Dua Orang Dilaporkan Tewas Tertimpa Reruntuhan
Ilustrasi Tajuklombok. Com_doc. BMKG

TAJUKLOMBOK. COM - Gempa bumi telah mengguncang Ambon, Maluku dengan magnitudo 6.8 pada Kamis (26/9/2019), pukul 06.46 WIB. Pusat gempa berada di titik koordinat 3.38 LS (Lintang Selatan) dan 128.43 BT (Bujur Timur).

Episentrum berada di 40 km Timur Laut Ambon, Maluku dengan kedalaman 10 km. Gempa kali ini dikabarkan tidak berpotensi tsunami. Hal tersebut diungkapkan BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG.

Akibat guncangan gempa tersebut, dilaporkan dua orang meninggal dunia dan salah satunya merupakan seorang dosen. 

Mengutip Detikcom, Dinas Sosial (Dinsos) Maluku mencatat satu Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Narti Rumain meninggal dunia akibat dampak gempa bermagnitudo 6,5. Gempa tersebut awalnya dilaporkan bermagnitudo 6,8.

Seperti dilansir Antara, Kamis (26/9/2019), Kadis Sosial Maluku, Sartono Pinning, membenarkan meninggalnya dosen IAIN Ambon tersebut akibat gempa yang mengguncang kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

"Kami juga mendata dua warga lainnya yakni Djamila Lasaiba dan Gamar Assagaff sedang dalam perawatan karena tertimpa reruntuhan bangunan," ujar Sartono.

Sartono yang sedang berada di Jakarta dalam rangka tugas dinas itu mengatakan telah berkoordinasi dengan semua potensi maupun Tagana yang disebarkan untuk memantau situasi dan mengecek dampak lain guna mempertimbangkan langkah lebih lanjut sesuai tugas dan SOP.

"Kami juga mendorong dukungan tenda ke RSUD dr Haulussy Ambon untuk digunakan sebagai penampungan sementara pasien yang telah diungsikan di luar gedung," katanya.

Satu korban lagi ditemukan tertimbun longsoran di SD Negeri 1 Desa Nania, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Identitas korban belum diketahui. (Detikcom/TL/Red).