logo


Gubernur NTB Ingin Pengusaha Lokal Mengambil Peluang di 2021

Berikut penjelasanya
76 View

Gubernur NTB Ingin Pengusaha Lokal Mengambil Peluang di 2021
Gubernur Zul saat memberikan sambutan pada malam refleksi akhir tahun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTB di Kafe Meekow, Selasa (29/12)_foto doc. Diskominfotik NTB

TAJUKLOMBOK. COM - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah berharap pengusaha lokal  bisa menjadi mitra pemerintah yang dapat diandalkan. Terlebih di NTB pada tahun 2021 mendatang, diselenggarakan beberapa event internasional, proyek strategis pemerintah dan potensi - potensi lain yang bisa menjadi peluang pengusaha lokal untuk eksis dan berkembang. 

"Pengusaha juga harus profesional dan serius. Para kepala dinas harus bisa melayani" harap Gubernur Zul saat memberikan sambutan pada malam refleksi akhir tahun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTB di Kafe Meekow, Selasa (29/12). 

Gubernur Zul mengatakan untuk menjadi pengusaha yang profesional dibutuhkan sebuah proses. Dinegara maju sekalipun, tahapan menjadi pengusaha yang sukses harus dijalani. Diawal, lanjut Gubernur, pengusaha memang harus bergandengan dengan pengusaha besar agar ada pembelajaran bagaimana mengelola proyek pemerintah. Namun demikian, banyaknya potensi daerah harus memberikan kesempatan bagi pengusaha lokal untuk bergerak maju. 

Dalam teori ilmu ekonomi yang berubah dimana engineer growth economy adalah pengusaha maka pemerintah daerah sudah seharusnya melayani kebutuhan pengusaha. Begitupula dengan perbankan dan pengusaha wanita untuk bersinergi dengan peluang dan kesempatan. Gubernur berpesan, refleksi atau evaluasi sedapat mungkin dilakukan berkala agar dapat menentukan langkah. 

"Kalau bisa dilakukan berkala setiap tiga bulan terlebih di masa pandemi agar dapat dilalui dengan baik", tutup Doktor Ekonomi Industri tersebut. 

Sementara itu, Ketua Kadin NTB, H. Faurani mengatakan, hadirnya pemerintah dalam kegiatan refleksi akhir tahun adalah bentuk respon yang baik. Ia berharap arahan dari Gubernur NTB sebagai refleksi akan membuat langkah terobosan dalam kerjasama pemerintah dan pengusaha. (TL/Red).

Laporan : Opik

Editor : Amaq Auliya