logo


HKTI Lotim tertarik kembangkan bawang putih Sembalun

Berikut penjelasanya
Jumat, 17 Jan 2020, 13:01:43, 31 View

HKTI Lotim tertarik kembangkan bawang putih Sembalun
Gubernur NTB Zulkieflimansyah_doc. Humas NTB

TAJUKLOMBOK. COM - Himpunan Kerukunan Tani Indomesia (HKTI) NTB tandatangani kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lombok Timur terkait pengembangan bawang putih di wilayah Kecamatan Sembalun.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Ketua HKTI NTB H. Rumaksi dengan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah dan Direktur Utama Bank NTB Syariah H. M. Kukuh Rahardjo serta kepala Dinas Pertanian, Camat Sembalun, Kepala Desa dan para petani bawang putih.

Ketua HKTI NTB H. Rumaksi yang juga menjabat Wakil Bupati Lombok Timur itu mengatakan bahwa nota kesepahaman yang di tandatangan bertujuan untuk mempersatukan visi misi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) dan HKTI.

“ini karena banyak program dari HKTI yang beririsan dengan program Pemkab Lotim,” ucap Rumaksi saat penandatanganan kerjasama tersebut di Mataram, Jum’at (17/01/2020) siang.

Menurutnya dalam kerjasama tersebut yang menjadi sasaran adalah para petani bawang yang ada di kecamatan Sembalun, karena seperti diketahui bahwa pemerintah pusat sudah menetapkan Sembalun sebagai sentra bawang putih.

“Namun petani disana masih ada kendala yaitu masalah pembiayaan dan disinilah hadir Bank NTB Syariah, semua varitas dibanggakan maka ini perlu dikembangkan untuk bisa sebagai penyangga kebutuhan bibit nasional,” terangnya.

Saat ini ada sebanyak 26 kelompok yang terdiri dari sekitar 1500 petani. Inilah yang diberikan bantuan untuk pemgelolaan tanah dan pasca panen nanti, HKTI berperan akan jadikan hasil panen sebagai bibit untuk keperluan baik didalan maupun luar daerah.

Semaentara itu Bupati Lotim Drs. H. Sukiman Azmy mengatakan bahwa pada tahun ini ketua HKTI NTB bersama Pemkab Lotim meminta pembiayaan pada Bank NTB Syariah bagi petani bawang putih di Sembalun.

“Alhamdullilh gayung bersambut dan perjanjian dilaksanakan hari ini, karena itu kami ucapkan terimah pada Bank NTB yang telah memberikan bantuan dan bisa membangkitkan gairah dan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Sukiman sangat berharap agar nantinya bawang putih di Sembalun bisa menjadi pemasok bibit untuk mencukupi kebutuhan baik daerah maupun nasional karena selama ini ada sekitar 400 ribu ton yang impor.

“bagi petani yang menadapat amanat peliharalah bibit itu agar bisa diproduksi dan dioptimalkan sebaik mungkin, maka fasilitas yang diberikan oleh Bank NTB Syariah mohon dipergunakan sebaik-baiknya,” katanya mengingatkan. (Humas NTB/TL/Red).

Editor: Amaq Auliya