logo


Internet Sehat

Berikut penjelasanya
507 View

Internet Sehat
(Ilustrasi tajuklombok.com_internet stock)

TAJUKLOMBOK.COM - Penggunaan internet bagi siswa-siswi sekolah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan contoh soal ujian, atau tugas lain dari guru. Sedangkan sisi negatif dapat bermain game on line atau membuka situs yang tidak sehat.

Hal ini disampaikn Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Layanan Informasi Teknologi dan Edukasi (Bale ITE)  Dinas Kminfotik NTB M. Ilham, saat Acara sosialisasi internet sehat dan aman untuk pendidikan dasar khususnya sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, Rabu (30/1) di Dompu.

“Sejak dini anak-anak kita harus diperkenalkan bagaimana berinternet yang sehat, apalagi Hanphone Android dapat digunakan anak sekolah saat ini,” kata Ilham.

Dengan adanya Hanphone Pintar yang dapat dimiliki oleh semua orang, maka akses internet dapat dibuka lewat HP Android. Menurutnya internet laksana pisau bermata dua. Dua sisi yang dapat dipergunakan. “Internet itu dapat memberikan nilai positif dan sisi lainnya membawa dampak negatif bagi kita semua,” ini yang perlu dihawatirkan bersama kata Kadis.

“Sehingga ini yang perlu kita ajarkan dan perkenalkan tentang internet sehat dan mengenal informasi yang baik, bukan hoaks (bohong),” jelas Kepala Balai ITE ini. 

Kadis Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Fakhrudin, mengapresiasi kegiatan sosialisasi untuk siswa sekolah dasar dan madrasyah ini. “ Ini langkah awal perkenalkan dunia internet yang baik kepada siswa sekolah dasar,” ungkap Fakhrudin.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengajarkan anak sekolah agar dapat menggunakan internet yang ramah dan bijak untuk hal-hal yang bernilai positif,” ajak Fakhrudin.

Bale ITE juga mempersiapkan dan memperkenalkan langsung Mobil Internet. Fasilitas yang dipergunakan untuk internet mobile kepada siswa-siswi SD dan MI di Kabuapten Dompu. Kegiatan dilaksanakan pada dua lokasi yaitu Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dompu dan SD Negeri 07 Manggelewa Kabuapten Dompu.