logo


Keindahan Balibe Pilihan Wisata Lebaran

Berikut penjelasanya
1202 View

Keindahan Balibe Pilihan Wisata Lebaran
Bukit Balibe Desa Bonder Kecamatan Praya Barat

TAJUKLOMBOK.COM - Lebaran memang merupakan sebuah momen kebersamaan bersama keluarga yang tidak boleh disia-siakan. Biasanya lebaran dijadikan ajang liburan. Namun, saat lebaran tentu saja ada banyak wisatawan lain yang meramaikan lokasi wisata. Jika kamu ingin mencari rekomendasi tempat liburan yang sepi saat lebaran, mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan.

Tak perlu jauh- jauh ke daerah wisata pengunungan, Desa Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah memberikan wisata pengunungan seperti Sembalun yang dinamakan Bukit Balibe atau yang biasa orang setempat memanggilnya Bawak Bunung.

Lokasi ini dulunya merupakan tambang batu dan sampai saat ini tanah gunungnya dijadikan sebagai bahan utama pembuatan gerabah. Bukit Balibe sendiri terletak tidak jauh dari jalan raya parawisata Selong Belanak atau 30 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari Bandara Internasional Lombok.

Sesampainya di tempat parkir pengunjung akan lansung di suguhkan dengan kolam-kolam kecil bekas galian penambangan tanah dan terkadang pengunjung masih bisa menemukan penambang batu yang ada tepat di bawah bukit.

Perjalanan menuju puncak balibe dari tempat parkir sekitar 15 menit sudah sampai di puncak, sesampai di puncak kita bisa lihat suasana persawahan yang begitu luas seperti di Sembalun, jika anda datang sore hari Sunset yang begitu indah dapat jelas terlihat dari puncak bukit, Begitu juga dengan keindahan sunrise yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Pada malam hari, Lampu Bandara Internasional Lombok menambah keindahan malam diatas bukit, sedangkan pada pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan gunung anak agung yang ada di Bali.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bukit Balibe, pengunjung cukup membayar uang kebersihan sebesar Rp. 5000 dan itu sudah termasuk biaya parkir, sedangkan bagi pengunjung yang ingin menginap di Bukit Balibe ada baiknya menggunakan porter atau pemandu kata Hasan yang merupakan salah satu Pemuda dan pemerhati wisata di Desa Bonder atau bisa menghubungi Lombok Tracking Comunity ( LTC) di Nomor Hp/WA 082339456003 atas nama Hasan. (TL/Red).