logo


Konfercab Pemuda NW Kopang, Pemimpin Militan Bukan Roman Picisan | Tajuklombok

Berikut penjelasanya
479 View

Konfercab Pemuda NW Kopang, Pemimpin Militan Bukan Roman Picisan | Tajuklombok
Kader muda Anjum NW Kopang usai melaksanakan Konfercab

TAJUKLOMBOK. COM – Pembentukan kader yang militan, intelek, kreatif, inovatif, dan generatif merupakan goal setting dari setiap organisasi yang memiliki eksistensi hingga saat ini. Setiap organisasi, baik bersifat sosial-masyarakat, politik, agamis, akademis, dan berbagai latar belakang memiliki kesamaan yaitu sebagai tempat berkumpulnya dua orang atau lebih yang memiliki visi dan misi yang sama yang kemudian bersama-sama melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam setiap perkumpulan tersebut, sudah pasti melibatkan begitu banyak orang yang memiliki begitu banyak pula pemikiran. Banyak teori-teori organisasi yang telah berkembang menjelaskan bagaimana manajemen suatu organisasi, memanajemen sumber daya manusia maupun alam.

Salah satu hal terpenting dalam keberlangsungan dan keeksistensian suatu organisasi adalah proses pengrekrutan kader-kader berkualitas yang nantinya akan meneruskan tambuk kepemimpinan organisasi tersebut di masa mendatang. Proses pengrekrutan kader yang kemudian biasanya disebut pengkaderan bukan hal yang enteng, perlu penyeleksian yang ketat agar residu yang tersisa diatas filter kader memang merupakan kader-kader terbaik.

Oleh karena kader dianggap sebagai ujung tombak suatu organisasi, maka kriteria minimum yang wajib dimiliki harus tinggi. Salah satu kriteria tersebut adalah para kader harus memiliki jiwa militan.  Jiwa militan yaitu jiwa semangat membara, mengebu-gebu dan penuh gairah dalam melaksanakan amanah yang diemban dalam keorganisasian tersebut. Seorang kader tidak akan pernah mendapatkan sebutan militan, jika komitmen dan tujuan dalam organisasi tersebut tidak begitu kuat. Kuat tidaknya tujuan bahkan komitmen seseorang, sebenarnya bergantung dari niat orang tersebut, dalam hal ini kader, untuk terjun dalam organisasi. 

Pemuda Nahdlatul Wathan, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) Pemuda NW Kopang periode 2020-2025. Agenda tersebut dilangsungkan di aula MI NW Kenawe Desa Dasan Baru Kec. Kopang, Sabtu 10 Muharram 1442 H bertepatan dengan tanggal 29 Agustus 2020.

Dalam Konfercab yang dihadiri Pimpinan Pemuda NW Loteng, Bendahara umum Dedi Irawan, tokoh pemuda, serta para perwakilan yang menjadi voter mengangkat tema "Memilih Leader Militan Untuk Menyongsong Perjuangan NW Fil 'Alamiin" sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. 

Saat pemilihan, Saiful Fajri selaku panitia ditunjuk secara aklamasi untuk menahkodai Pemuda NW Kopang lima tahun kedepan.

Ketua Pemuda NW Kopang terpilih, Saiful Fajri, S. Pd mengatakan bahwa dirinya tidak bisa bekerja sendirian. Harus dibantu oleh semua pihak untuk memajukan NW ke depannya.

“Terima kasih kepada rekan-rekan pemuda yang telah memberi kepercayaan kepada saya. Ini amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Untuk itu, saya memohon kerja sama semua pihak agar organisasi berjalan sesuai harapan,” harap dia. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya

Silahkan klik link dibawah untuk menyaksikan proses Konfercab