logo


Libur Tahun Baru, Wisata Tereng Kuning Bisa Jadi Pilihan

Berikut penjelasanya
3159 View

Libur Tahun Baru, Wisata Tereng Kuning Bisa Jadi Pilihan
Hamparan sawah menghijau yang menjadi andalan wisata Tereng Kuning_Tajuklombok. Com/istimewa

TAJUKLOMBOK. COM - Menjelang 2020. Desa Aik Bukaq mulai berbenah mengambil bagian dari program Desa Wisata yang dicanangkan pemerintah pusat yang didukung juga oleh Pemprov NTB hingga Pemda  Kab. Lombok Tengah. 

Desa Wisata adalah  komunitas atau masyarakat yang terdiri dari para penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung dibawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai ketrampilan dan kemampuan masing-masing memberdayakan potensi secara kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona sehingga tercapai peningkatan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Desa Wisata merupakan kelompok swadaya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan, mewadahi peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di wilayahnya, meningkatkan nilai kepariwisataan serta memberdayakannya bagi kesejahteraan masyarakat, keikut sertaan dalam mensukseskan pembangunan kepariwisataan.

Hal itulah yang menjadi pendorong bagi pemuda yang ada di Dusun Motong Alung Aik Bukaq, yang mulai sadar atas potensi alamnya. 

"Aik Bukaq sudah terkenal dengan adanya pemandian dan kami punya ide untuk menambah Lokasi Wisata untuk masyarakat atau para pecinta Treveler," ujar M.Alif sang pemilik lahan dari wisata Tereng Kuning saat ditemui, Senin (30/12).

Ia juga nenuturkan, bagaimana kegigihan pemuda yang ada di dusunnya menggarap lahan miliknya hingga mampu disulap menjadi sebuah destinasi wisata.
 
"Saya beserta rekan-rekan pemuda yang ada di  sini mulai menanam bunga warna warni ini pada bulan September kemaren dan saat ini lagi proses pembuatan Home Stay, walaupun baru buka 4 bulan tapi sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sini dan Alhamdulillah PemDes mendukung kegiatan kami ini," imbuhnya. 

Dikatakannya, sumber dana yang kami pakai untuk membangun ini berasal dari PemDes dan Swadaya, harapan kami ke Pemerintah Daerah untuk ikut membantu kegiatan kami ini untuk melengkapi dan memperbaiki Akses Jalan yang menuju Lokasi Wisata ini mengingat tahun 2020 nanti banyak wisatawan yang akan berkunjung dan akan berlibur di Pulau Lombok. 

"Sudah saya komunikasi sama ketua BPPD Kabupaten Lombok Tengah. (Ida Wahyuni) mendukung penuh kegiatan kami ini karena di sini dulu ada Pokdarwis namun vakum tidak ada kegiatannya sehingga kami mulai membangun tempat rekreasi baru bersama 6 pemuda yang ada di Dusun Montong Alung," tutur Alif.

Sementara itu, Ari. Selaku Ketua Pegiat Wisata berharap BPPD beserta instansi terkait untuk bisa meninjau langsung kondisi wisata Tereng Kuning. 

"Kami berharap kepada BPPD dan Dispar untuk datang meninjau langsung kegiatan kami ini," celetuknya.

Sebagai gambaran dari keindahan wiaata Tereng Kuning, anda bisa menikmati keindahan hamparan sawah hijau nan luas , yang tentu sangat pas untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran.

Tidak heran jika destinasi wisata hamparan sawah kini banyak diburu wisatawan. Dan penggiat wisata pun makin kreatif mengolah hamparan sawah menjadi tempat relaks.

Wisata Tereng Kuning yang sedang hits dikalangan anak muda ini menawarkan keindahan bentangan sawah yang bisa anda nikmati dari ketinggian.

Selain itu, anda bisa berswa foto dengan latar hamparan sawah dan jejeran bukit dari pohon kelapa yang dibuatkan tangga oleh pengelola, atau mungkin anda lebih suka dengan kebun bunga yang berwarna-warni, semuanya sudah disiapkan hanya bagi anda pengunjung Wisata Tereng Kuning. (TL/Red).

Laporan: M. Ali
Editor : Amaq Auliya