logo


Mantapkan Bekal Jamaah, Ponpes Al-Kautsar NW Reban Burung Gelar Manasik Haji dan Umroh

Berikut penjelasanya
953 View

Mantapkan Bekal Jamaah, Ponpes Al-Kautsar NW Reban Burung Gelar Manasik Haji dan Umroh
Kekhusuan jamaah saat menerima penjelasan manasik dari H. Hasanudin_doc. Humas Ponpes Al-Kautsar

TAJUKLOMBOK. COM – Bimbingan manasik haji dan umrah merupakan hal sangat penting bagi umat Islam yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah sebagai bekal kesempurnaan pelaksanaan haji dan umrah sesuai dengan syariat Islam.

Hal tersebut disampaikan oleh Pimpinan Ponpes AL-Kautsar pada acara pembekalan bimbingan haji dan umrah yang dilaksanakan di Pondok Peaantren Al-Kautsar NW Reban Burung Desa Aik Berik, BKU, Sabtu (11/1/2020).

"Untuk memenuhi kebutuhan umat dalam menjalankan umroh maka pondok pesantren menjalin kerjasama dengan AL-Hasan Group, untuk program tabungan umroh majlis taklim, dan sebagai mitra pemberangkatan Umroh ketanah suci Mekah", kata Ust. H. Abdul Ghani. 

Dalam kesempayan tersebut, ia juga banyak menyampaikan fadilah umroh dan nilai-nilai ibadah yang berlipat ganda saat ibadah di Mekah.

Dikatakannya, Apabila seorang laki-laki berjihad dengan cara ikut berperang membela agama islam, lalu bagaimana dengan kaum perempuan yang fisiknya cenderung lemah? Tak perlu khawatir. Sebab perempuan diberikan kesempatan berjihad lewat umrah atau melaksanakan haji.

"Dari Abu Hurairah radhiallaahu anhu, dari Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam, beliau bersabda: 'Jihad orang yang tua, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah. (HR. An-Nasa’i)", Jelasnya. 

Sementara itu, dari Pimpinan Al-Hasan Group, H. Hasanudin memaparkan tentang prusahaannya yang bergerak dalam Koperasi Simpan Pinjam yang bernama BMT AL-Hasan Mitra Umat dan Bergerak dalam Biro Perjalanan Umroh, sebuah perusahaan yang bernama PT. Al-Hasan Aarroyan Trevelindo.

"Keunggulan umroh lewat Kami bahwa kami siap memberikan dana talang bagi jamaah yang mau umroh namun uangnya masih kurang", katanya. 

"Dalam perjalanan umroh kami lebih memfokuskan pada  pelayanan, mulai dari pemberangkatan dan hotel tempat menginap selama di Mekah dan Madinah", imbuhnya.

Ditempat terpisah, Hapipi Jayadi Selaku panitia manasik umroh menyampaikan bahwa jamaah yang akan berangkat Umroh pada tanggal 15 Januari lewat Al-Hasan Group sebanyak 34 orang. 

"Dan Alhamdulillah saat ini yang akan berangkat adalah Kepala Desa Aik Berik sehingga bisa kita katakan yang umroh pada bulan ini adalah Desa Aik berik karena kepala desanya berangkat langsung" tutur Hapipi.

Pada bimbingan haji dan umrah yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti oleh  sebanyak 170 orang. Dan ini pertama kali dilakukan manasik di Ponpes Al-Kautsar. (TL/Red).

Editor: Amaq Auliya