logo


Mispalah Madrasah Barokah | Tajuklombok

Berikut penjelasanya
298 View

Mispalah Madrasah Barokah | Tajuklombok
Foto doc. FB Fauzan Azima
"Mispalah Madrasah Barokah
Mispalah tempatnya orang orang Ikhlas"
( Maulana Syeikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid) 

TAJUKLOMBOK. COM - Tak berlebihan dan tak sekedar kata sanjungan apa yang diungkapkan oleh Guru Besar Syeikh ZAINUDDIN ABDUL MADJID sang Ulama dan sang pahlawan Nasional dua kalimat di atas. 

Ungkapan yang dilafazkan oleh ulama sekaligus walinya Alloh SWT adalah bagian dari mubassyiroh dan telah terlihat jauh sebelum diungkapkan melalui pandangan basyariah atau pandangan mata hati yang tembus zaman dan tempat, pandangan hati yang mukasyafah yang mampu menembus hijab atau penghalang dari melihat hal hal yang bagi orang awam ada sebuah kemustahilan. 

Ungkapan Maulana Syeikh tersebut terbukti, bahwa dalam perjalanannya Madrasah Mispalah dan Kampung Mispalah  alhamdulillah terus menerus mendapatkan kunjungan demi kunjungan dari ulama ulama besar, sudah tak terhitung para masyaikh dari Madrasah Asshoulatiyah Makkah berkunjung ke Madrasah Darul Muhibbin NW Mispalah praya dan sekaligus ke Kampung Mispalah 

Selain para masyaikh dari Makkah juga dari Masyaikh atau guru besar universitas Ummu Darman Sudan, masyaikh dari Mesir, para masyaikh dari negeri sejuta wali Yaman, negerinya para Habaib atau zurriyat Baginda Nabi Muhammad SAW. 

Khususnya dari Negeri sejuta wali yaman, sudah banyak yang berkunjung ke Mispalah untuk memberikan tausyiah dan berdoa bagi Madrasah dan Bagi Masyarakat Kampung Mispalah serta bagi muslim muslimat khususnya bagi Lombok. 

Pagi jumat hari ini,, salah seorang cucu baginda Nabi Muhammad SAW,, Dr. Habib Muhammad Bin Husein BSA Guru Besar Universitas Al Baidho Yaman singgah dan sekaligus menyempatkan diri bertemu dengan segenap keluarga besar Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah praya dan segenap Jama'ah masyarakat Mispalah dan luar Mispalah. 

Dalam Tausiyahnya Al Habib Muhammad Bin Husein BSA menyampaikan, bahwa saat ini kita berada si bulan Rajab, yang disebut Rajab A, shob yaitu bulan dimana  dituangkan banyak sekali rahmat Allah swt, dituangkan banyak sekali ampunan Alloh SWT bagi Ummat Nahi Muhammad SAW. Dan salah satu amalan yang istimewa pada bulan ini diantaranya adalah menuntut ilmu, menghadiri majelis taklim untuk mengaji. 

Selanjutnya Syeikh Dr, Al Habib Muhammad bin Husein BSA mengisahkan keuletan Imam Asy-Syafi'i dalam menuntut ilmu dan belajar, bagaimana Imam Asy-Syafi'i bersemangat tinggi dalam belajar sampai sampai waktunya tidak banyak untuk bermain dan terbuang, Imam Asy-Syafi'i pernah menulia pelajaran dengan air liur ditangannya karena saat itu beliau tidak memiliki kertas dan tinta namun tidak menyurutkan semangat belaiu untuk   menuntut ilmu. 

Diakhir tausiah Beliau Dr. al Habib Muhammad bin Husein bisa mendoakan seluruh jama'ah dan seluruh masyarakat pulau Lombok agar terhindar dari bala, bencana, gempa, korona dan semua bencana. 

Sebelum mengakhiri pengajian Maulana Syeikh Al Habib Muhammad bin Husein bsa mengijazahkan Rotibul Haddad, dan semua kitab kitab karya Beliau. 

Selamat jalan Habibana Abuya Dr Al Habib Muhammad bin Husein BSA Semoga kelak berkenan berkunjung lagi ke Madrasah dan Kampung Mispalah. (TL/Red).

Oleh :  Ustadz M Syamsul Wathani

Editor : Amaq Auliya