logo


Mushalla Asysyuhada Tanggung Ifthar Jamaah Selama Ramadhan

Berikut penjelasanya
Senin, 03 Jun 2019, 17:08:27, 272 View

Mushalla Asysyuhada Tanggung Ifthar Jamaah Selama Ramadhan
Suasana ifthar jamaah di Mushalla Asysyuhada Dasan Geres_dokpri Rahman

TAJUKLOMBOK.COM - Bulan Ramadhan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika itu agar menuai ganjaran yang luar biasa. Dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma atau snack yang menggiurkan, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka sudah sepantasnya kesempatan tersebut tidak terlewatkan.

Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Hal semacam itu dalam istilah popular disebut “Maidât al-Rahmân”. Di Arab, istilah itu diartikan sebagai hidangan yang diberikan secara cuma-cuma kepada mereka yang menunaikan ibadah puasa.

Bila kita suatu saat Ramadhan di Mekkah atau Madinah, sebelum Maghrib tiba begitu kita masuk Masjid, maka banyak anak2 atau orang dewasa yang menawarkan Buka Puasa di tempat yang sudah mereka siapkan, atau mereka memberi kotak yang biasanya berisi Kurma segar, Orange Juice dan Buah segar. Dan apabila azan magrib dikumandangkan, mereka menyantap hidangan itu, buka puasa (ifthar) di depan Ka’bah. 

Sungguh menyenangkan. Pemandangan seperti ini juga bisa kita temukan di Lombok, tepatnya di Dasan Geres Selatan Gerung.

Selama satu bulan penuh jamaah Mushalla Asysyuhada' Dasan Geres Selatan melaksanakan ifthar berjamaah, dari orang tua hingga anak, mereka kumpul jadi satu.

Adalah Syaihk Mahdiy Bin Sa'id Al Qohthaniy yang menjadi penyandang dana Mushalla tersebut, yang sekaligus menjadi penyedia Ifthar untuk sekitar 50 kk jamaah mushalla tersebut.

Syaikh Mahdiy menyalurkan bantuannya melalui Yayasan Asshohwah Al Islamiyah Pimpinan TGH. M. Taisir Bile Tepung Lombok Barat. (TL/Red).