logo


Narasi NTB Gemilang Tak Sekedar Lip Sync

Berikut penjelasanya
1395 View

Narasi NTB Gemilang Tak Sekedar Lip Sync
Acara Jang-Zulmi beberapa waktu lalu_doc. Humasntb

TAJUKLOMBOK. COM  – Bak sandiwara radio era 90-an, Paket Zulrohmi dengan Jargon NTB Gemilang menggebrak dunia persilatan dengan menancapkan akar-akar perubahan yang mereka gaungkan melalui program yang sangat populer ditengah masyarakat yaitu JangZulmi dan seabreg program lainnya, yang tentunya tidak akan cukup kita memberikan penilaian gagal jika sekiranya proram yang sudah dicanangkan tersebut belum membuahkan hasil karena baru pada tanggal 19 September 2019 mendatang, estafet kepemimpinan yang diemban Zulrohmi akan genap berumur satu tahun.

Tugas berat Kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah masih menanti ditahun-tahun selanjutnya. Duet Duo Doktor memimpin NTB yang sangat akrab disapa Zul-Rohmi ini membutuhkan dukungan semua elemen, karena tidak mudah membangun NTB yang baru saja menggeliat dari keterpurukan akibat gempa 7.0 SR yang meluluh lantakkan sendi-sendi kehidupan di NTB.

Zul-Rohmi harus memberi pemahaman yang jelas substansi NTB Gemilang itu kepada seluruh pimpinan dinas, badan, lembaga dan bahkan BUMD. Termasuk menularkan persepsi yang sama di seluruh kabupaten/kota.

Ibarat sebuah meja, NTB disanggah oleh 10 kaki (kabupaten dan kota) yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Ke-10 kaki itu perlu sinergitas. Diharapkan, Zul-Rohmi mampu mengajak seluruh kepala daerah dan rakyatnya untuk mengidentifikasi secara cermat keunggulan komparatif dan kompetitif untuk dikembangkan

Memperingati satu tahun memimpin NTB. Duo Doktor menunjukkan hal-hal yang dianggap menjadi pencapaian selama satu tahun terakhir, ibarat bercocok tanam. ada yang sudah bisa dipanen, ada juga yang belum. Tahun pertama dari kepemimpinan seorang kepala daerah biasanya berkutat dalam urusan membangun pondasi. Tahun kedua akselerasi, dan baru meraih hasilnya di tahun ketiga.

Telah banyak gebrakan dan kebijakan dalam mewujudkan Visi NTB Gemilang yang ditelurkan Zul-Rohmi,
keduanya bahu membahu berupaya memberikan pelayanan prima bagi masyarakat NTB sekaligus menyelenggarakan pembangunan yang dimulai dengan menyusun sejumlah kebijakan dan regulasi yang sesuai dengan Visi NTB GEMILANG..!

Pelan tapi pasti, duet keduanya berhasil membunuh rasa pesimis sebagian masyarakat NTB yang bernyanyi dengan nada sumbang dan meragukan NTB Gemilang itu hanya ada di awang-awang tanpa bisa direalisasikan oleh Paket Zul-Rohmi  dan dipastikan tidak akan mampu membawa NTB ke arah yang lebih maju.

Namun, semua mata terbelalak. Shock Terapy dari Duo Doktor dengan program unggulan mereka membuat masyarakat menggeliat dan kemudian bangkit. Nada-nada sumbang yang biasanya nyaring terdengar kini mulai redup dan mengurangi volume dengan sendirinya. Pesimistis sebagian masyarakat NTB disambut dengan kerja nyata siang malam oleh keduanya. Hingga akhirnya masa-masa sulit itupun terlalui, Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, mampu memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa NTB Gemilang bisa diwujudkan dan bukan hanya di Nirwana sana.

Satu tahun kepemimpinan Zul-Rohmi berdampak positif bagi warga NTB. Sejumlah program yang diluncurkan Pemprov NTB memberi dampak luas kepada masyarakat.

Setahun kepemimpinannya, Zul-Rohmi banyak menempuh terobosan-terobosan baru untuk mewujudkan visi Membangun NTB Gemilang. Berikut catatan perjalanan Zul-Rohmi menakhodai bahtera NTB selama setahun yang di kutip dari SuaraNTB.

1. Zul-Rohmi Intens Menyapa Warga Dari Kota ke Desa Hingga Turun ke Dusun dan Dasan
Gubernur Zul dan Umi Rohmi sangat aktif manyapa masayarakat hingga ke dusun dan dasan tak kurang dari seribu kali. Itu Keduanya melakukan kunjungan kerja lebih dari dua ratus kali di sepuluh kabupaten/kota se-NTB. Dalam setiap kunjungannya ke kabupaten/kota tersebut, tidak kurang empat hingga lima desa dan dusun yang disapanya. “Kebiasaan menyapa masyarakat di des-desa, akan terus kami lakukan,” ungkap Gubernur dalam setiap kunjungan kerjanya.

2. Zul-Rohmi Sangat Sering Menyapa Tokoh Agama/Adat
Keberagaman yang ada di NTB ini membuat paket Zul-Rohmi berkayakinan bahwa membangun NTB itu membutuhkan kebersamaan. Bagi keduanya, keberagaman itu adalah kekuatan untuk membangun daerah. Maka, yang keduanya lakukan adalah menyapa seluruh eleman masyarakat di NTB. Tidak hanya untuk bertukar pikiran, namun juga untuk saling menautkan hati. Dalam satu tahun kepemimpinannya, selain Umat Islam, Gubernur dan Wagub sering manyapa Umat Hindu, Budha, Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Konghucu. Organisasi keagamaan pun sering disapa oleh Gubernur dan Wagub untuk berdialog dan mencari solusi bersama setiap masalah di NTB. Bagi keduanya, “NTB Adalah Rumah Besar Kita Semua”.

3. Zul-Rohmi Sangat Sering Dikunjungi oleh Duta Besar dan Konsulat Jenderal
NTB, dalam satu tahun kepemimpinan Gubernur Bang Zul-Umi Rohmi, sering sekali dikunjungi oleh para duta besar. Tidak kurang dari dua puluh duta besar yang datang untuk belajar dan menjalin kerjasama dengan NTB. Di antaranya, Duta Besar Polandia, Australia, Austria, Tuki, Malaysia, Denmark, Azerbaijan , Serbia, Thailand, Vietnam, Kroasia. Belum lagi para konsulat jenderal yang melihat peluang investasi di NTB. Ini merupakan sebuah keharusan. Bahwa kekuatan jaringan memegang peran penting untuk membangun daerah.

4. Bang Zul-Umi Rohmi Sukses Menyelenggarakan Simposium Internasional APGN 2019
NTB sukses menjadi tuan rumah the 6th Asia Pasific Geoparks Network (APGN) Symposium 2019. Kegiatan itu dihelat mulai 31 Agustus hingga 6 September 2019. Sebanyak 700 Peserta dari 30 Negara dibuat takjub oleh budaya dan potensi alam yang ada di NTB. Meski pernah dilanda musibah gempa, namun sebagian besar para peserta menilai pemerintah provinsi telah melakukan langkah-langkah cepat untuk memulihkan keadaan. Saat ini, NTB telah bangkit dan kembali hidup normal dan siap berlari kencang. Gubernur dan Wagub menegaskan NTB telah menjadi daerah yang siap dikunjungi oleh siapapun. Sebab, keadaan di daerah ini sudah normal dan pulih sebagaimana biasanya.

5. Zul-Rohmi Berhasil Membuka Direct Flight “AirAsia” rute NTB-Australia
Gubernur Bang Zul dan Wagub Doktor Umi Rohmi telah berhasil menjalin kerjasama dengan dengan Maskapai AirAsia. Tanggal 2 Mei 2019 merupakan hari bersejarah bagi NTB dan Maskapai AirAsia. Sebab, saat itu rute penerbangan langsung (Direct Flight) Lombok-Perth (Australia) yang diupayakan sejak November 2018 lalu kini menuai hasil menggembirakan bagi dunia Pariwisata di Lombok dan Sumbawa.

Hasilnya, khusus kunjungan wisatawan yang berasal dari Australia ke Lombok angkanya hingga Juli ini telah melampaui kunjungan wisatawan yang berasal dari Australia di Tahun 2018. Jika di tahun 2018, kunjungan wisatawan Australia itu hanya sekitar 2.315 orang, maka di tahun 2019 ini dari Januari hingga Juli saja sudah mencapai angka 5.480 orang. Ini suatu peningkatan yang cukup signifikan pasca dibukanya direct flight Perth-Lombok maupun Lombok-Perth yakni sekitar 163%.

6. Zul-Rohmi Telah Mengirim 400 Anak Muda NTB Belajar ke Berbagai Negara
Pada Senin, 16 September 2019, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, melepas 176 mahasiswa penerima beasiswa tujuan Polandia dan Malaysia di Gedung Graha Bhakti Praja NTB. Dari 176 penerima beasiswa tersebut, sebanyak 28 orang akan melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Polandia. Sementara, 148 lainnya akan melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi di Malaysia.

Dengan tambahan jumlah tersebut, maka menjelang satu tahun kepemimpinannya, pasangan Zul-Rohmi, telah mengirimkan tak kurang dari 400 anak-anak NTB dikirim belajar ke luar negeri. Sesuai target RPJMD, Pemprov NTB akan mengirim 1.000 anak NTB belajar ke luar negeri sampai 2023 mendatang.

7. Bang Zul Suka Motor Gede, Umi Rohmi Suka Menulis
Gubernur Bang Zul termasuk salah satu pemimpin daerah yang suka mengendari Sepeda Motor Gede (Moge). Bahkan, tidak jarang orang nomor satu di NTB ini sering manyapa masayarakat dengan mengendarai sepeda motor. Kebiasaan mengendarai Moge ini lahir secara tidak disengaja. Sebab, Moge yang dikendarai Bang Zul adalah titipan temannya. Ketimbang menganggur, motor itu dipakainya untuk berbagai kegiatan, bila diperlukan. Termasuk, ia kendarai saat menyambut Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI), 25 Agustus 2019 lalu. Tidak kurang dari dua ribu pencinta Motor di seluruh Indonesia hadir untuk mengeksplorasi keindahan alam NTB.
Sementara Wakil Gubernur NTB, Doktor Umi Rohmi, sangat menikmati dunia penulisan. Berbagai macam judul tulisan yang tersebar di berbagai media cetak di NTB ini merupakan karya monumental Umi Rohmi. Sebab baginya, tulisan merupakan karya yang dapat mempengaruhi pikiran pembacanya. Menurut Umi Rohmi, pola pikir dan perilaku seseorang dapat dilihat dari apa yang ia sering baca.

8. Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi “cara untuk mendengar keluh kesah masyarakat”
Salah satu program yang diapresiasi banyak kalangan di bawah kepemimpinan Bang Zul dan Umi Rohmi adalah Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi. Sejak digelar pertama tanggal 12 Oktober 2018 lalu, di Halaman Kantor Gubernur NTB, program ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk bertemu langsung dengan Gubernur dan Wagub. Tidak hanya bertemu, namun juga untuk menyampaikan gagasan, harapan serta solusi dari setiap persoalan masayarakat. Dalam satu tahun kepemimpinan Bang Zul-Umi Rohmi, kegiatan ini telah digelar sebanyak 21 kali.

Kegiatannya pun tidak hanya di halaman kantor Gubernur. Namun juga di seluruh kabupaten/kota se-NTB. Hal ini dilakukan untuk menjemput aspirasi dan gagasan masyarakat dari dekat. Sehingga, Gubernur dan Wagub, di samping mendengarkan, juga bisa merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat yang ada.

Selain dari program diatas, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan 6 program strategis guna membangun NTB gemilang 2019 – 2023.

Adapun program program tersebut Meliputi pengembangan pariwisata andalan dan strategis di NTB sendiri Pemprov NTB akan mendongkrak habis kawasan kawasan wisata yang dianggap berpotensi bisa dilirik dunia luar.

tak hanya sektor pariwisata saja, Pemerintah Provinsi NTB juga siap membangun Smelter dan Industri Turunannya dengan menetapkan kawasan industri seluas kurang lebih 850 Ha, pembangunan politeknik pembangunan dan lainnya.

Sementara itu, Program Strategis lainnya pengembangan daya saing SDM dimana Pemprov NTB Mengirim Putra Putri NTB untuk melanjutkan studi S1, S2 dan S3 dengan beasiswa NTB dalam dan luar negeri.

Selain Meningkatkan daya saing SDM, Program Strategis untuk membangun NTB Gemilang ini juga membuat NTB menjadi Ramah Investasi dibeberapa daerah di wilayah NTB.

Pengembangan Konektivitas dan Aksesibilitas juga menjadi salah satu Program Strategis Pemprov NTB dan guna melengkapi program tersebut NTB bersih dan Berkelanjutan juga menjadi program strategis penutup seperti Zero Waste dimana program ini akan mendaur ulang sampah yang ada di NTB dengan system pengelolaan sampah sebagai sumber daya.

Zero Waste juga mengusung konsep pengelolaan sampah berbasis pengurangan jumlah sampah, daur ulang sampah, penggunaan kembali sampah dan konsep mengubah sampah menjadi rupiah untuk menciptakan ekonomi sirkuler. (TL/Red).