logo


Pantai Kura-kura Yang Eksotik dan Masih Perawan

Berikut penjelasanya
1373 View

Pantai Kura-kura Yang Eksotik dan Masih Perawan
Pantai Kura-kura yang Menawan_Buniamin/TajukLombok.com

TAJUKLOMBOK.COM - Sudah punya ide untuk wisata pantai di libur Lebaran tahun ini? Di Lombok Timur bagian selatan, banyak tempat asyik untuk dikunjungi. Ada banyak pantai di selatan yang eksotis dan dijamin masih perawan. Salah satunya yang wajib kamu datangi adalah Pantai Kura-Kura dan Pantai Batu Dagong.


Kedua pantai ini bisa dikatakan nyentrik sekaligus menarik yang akan memanjakan mata anda dengan keindahannya. Pantai ini sangat menawan dan masih perawan alias jarang dijamah wisatawan meski sudah tidak asing. Pantai ini terletak di ujung selatan pulau Lombok berada di kawasan Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur di mana kedua pantai ini langsung berhadapan langsung dengan perbatasan benua Australia-Indonesia.

 

Nama kedua pantai tersebut memang sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan lokal maupun mancanegara. Nama Pantai Kura-Kura dan Batu Dagong mulai tenar saat beberapa tokoh pemerhati wisata dan para wisatawan yang sudah berkunjung  mulai mempromosikan pantai ini lewat postingan berbagai akun medsos yang dulunya pantai ini bernama Pantai Sungkun.

 

Namun seiring berjalannya waktu lebih terkenal dengan nama Pantai Kura-Kura. Nama Kura-Kura tersebut diambil dari sebuah Gili kecil di tengah yang berjarak hanya kurang lebih 50 meter dari bibir pantai dan Gili tersebut terlihat seperti menyerupai Kura-Kura (Penyu-red).

 

Sedangkan Pantai Batu Dagong adalah nama aslinya dari zaman dahulu. Di mana di kedua pantai yang berdampingan ini memiliki ciri khas pasir putih bebatuan karang, yang juga dilengkapi tebing dan ombaknya seakan-akan melambai dengan deburan ombaknya yang beriringan menghempas batu karang.

 

Pantai ini juga setiap tahunnya biasanya pada bulan Februari  menjadi lokasi “Bau Nyale” bagi masyarakat Lombok, yang pesonanya tidak kalah dibanding tempat-tempat “Bau Nyale” lainnya. Selain itu juga, tempat ini di nilai menjadi tempat yang paling aman dan nyaman juga dangkal jarak antara pesisir pantai juga dengan tempat menangkap nyale (cacing laut-red) lebih dekat dan dikenal pula Nyalenya paling bersih.

 

Bagi anda yang hoby ber-selfi ria, tempat ini mempunyai banyak sekali tempat berswafoto maupun berselfi ria sehingga akan menambah stock photo untuk anda posting di akun medsos.

Bagi anda yg mau berkunjung ke tempat ini disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena di lokasi tersebut belum tersedia tempat membeli makanan dan minuman.

 

Eeiiitt....Tapi anda jangan khawatir, bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menginap, tersedia beberapa tempat penginapan seperti Hotel, Bungalow, Villa dan HOMESATE (eh eh eh Home Stay keseleo lidah-red) yang dapat anda jumpai di sekitar tempat wisata ini karena di desa ini (Desa Ekas Buana) adalah salah satu desa yang memiliki fasilitas pariwisata yakni akomodasi konsumsi dan transportasi (travel) baik transportasi darat maupun laut sehingga sangat wajar bila para wisatawan menyebutnya lokasi wisata komplit dan eksotiks. (TL/Red).

Jurnalis : Buniamin

Editor : Karim