logo


Pengambilan Sumpah Jabatan Kadus dan Perangkat, Ridho: Peningkatan Kapasitas Sangat Penting

Berikut penjelasanya
820 View

Pengambilan Sumpah Jabatan Kadus dan Perangkat, Ridho: Peningkatan Kapasitas Sangat Penting
Rosyid Ridho Sholat Magrib Disela Pemasangan Terop dan Persiapan Pelantikan Besok

TAJUKLOMBOK.COM - Pemerintah Desa Suela, Kecamatan Suela, Lombok Timur, Kamis (20/12/2018) besok pagi Pukul 08.30 Wita, bakal melantik Sekdes, dua Kadus, dan 3 perangkat desa.

Kepala Desa Suela Rosyidi akan meminta sumpah Muhammad Hirsan, S.Pd selaku Sekretaris Desa, Khairul Mar'i S.Pd selaku Kadus Suela Daya, Muktar, A.Md selaku Kadus Suela Lauk dan Bustanul Aripin, Simbang serta Bambang Hilmawan selaku Kasi Perencanaan, Pelayanan dan Kesejahteraan Rakyat.

Pengucapan sumpah jabatan yang didampingi oleh rohaniawan dari KUA itu bakal dihadiri Camat Suela Sukarma, S.I.P, aparat sektor kepolisian Suela, ratusan tokoh masyarakat dan puluhan Kepala Rukun Tangga Sedesa Suela, Kecamatan Suela, Lombok Timur.

Pelantikan tak hanya seremonial belaka. Menurut aktivis migrasi Indonesia Rosyid Ridho, perlu peningkatan kapasitas demi kemakmuran masyarakat.

"Yang penting untuk fungsionaris adalah baik dari kader,RT, Kadus dan perangkat-perangkat desa adalah adanya peningkatan kapasitas," ujarnya.

Sebagai pengemban amanat rakyat, Ridho menghimbau fokus kepada tanggungjawabnya masing. "RT tentu peningkatan kapasitas tentang RT, ya kadus tentu dan juga perangkat-perangkat desa. Peningkatan kapasitas, sehingga perubahan itu tampak ke depan," katanya di halaman kantor desa saat melakukan persiapan plantikan, Rabu malam.

Ridho mengatakan, persoalan penduduk yang super padat cukup komplek untuk diorganisir mencapai tujuan bersama.

"Sehebat apapun kita sebagai Kepala Dusun itu akan sulit karena kita tidak memegang anggaran."

Mengacu pada data kependudukan dan pencacatan sipil. Penduduk di tiga dusun Suela (red. Cempaka, Suela Daya dan Lauk) terbilang gemuk.

"Apalagi jumlah populasi yang padat ini. Kalau kita cek di dusun-dusun desa Lombok Timur, dusun di desa Suela ini merupakan sangat gemuk. Seperti di Suela Lauq, jumlah KK kalau tidak salah 680 terus tidak memegang anggaran. Kecuali seperti Kepala Desa yang memegang anggaran. Untuk pemerintahan efektif menurut saya perlu dirampingkan sebagai jalan keluarnya," katanya ke media TajukLombok.com. (tl_bambang)