logo


Penyandang Disabilitas Mendapat Angin Segar dari Kemensos

Berikut penjelasanya
Minggu, 08 Des 2019, 10:32:34, 35 View

Penyandang Disabilitas Mendapat Angin Segar dari Kemensos
Perwakilan Kemensos RI Edi Suprayitno bersama Pengurus LKs Al-Furqon Peduli_tajuklombok.com/istimewa

TAJUKLOMBOK. COM - Kementerian Sosial RI menjamin kelangsungan hidup setiap warga negara, termasuk penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara. 

Untuk mewujudkannya, pemerintah telah menerbitkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Melalui pijakan peraturan perundang-undangan ini pemerintah mengajak semua pihak untuk mewujudkan kesamahaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi. Menuju Indonesia yang Inklusi dan Ramah Disabilitas.

Beragam upaya telah dilakukan pemerintah bersama para stakeholder dalam rangka pemenuhan hak dasar penyandang disabilitas. 

Ditengah kemarau diawal jelang datangnya musim hujan, meski sebagian petani dibibir sungai yang menganut aliran kebudayaan lembah sungai bisa menanam padi mereka harus mengairi padi dengan bantuan mesin diesel.

Kabar baik dari Kemensos berhembus kian kuat.

Kemensos membawa kabar gembira untuk anak dan penyandang cacat(Disabilitas). Kabarnya mereka akan didata menggunakan sistem bebasis elektronik digital yang Online secara Nasional.

Mereka membawa kabar tentang pemberdayaan. mereka bisa mengambil hak mereka secara penuh seperti manusia yang normal, katanya mereka akan diberikan modal kerja.

Mereka para penyandang cacat memiliki hak dan mereka harus menuntut hak mereka di Kemensos RI dengan menginvut data melalui LKSPD. 

Selain diberikan modal usaha mereka akan diberi pelatihan dan pembinaan secara berkala.

Saat acara di LKS Alfurqon Peduli kemarin  Jumat 06 Desember 2019. Hal tersebut di sampaikan dalam acara bertajuk penguatan Potensi anak dan keluarga Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Acara yang singkat sekitar 4 kali 60 menit cukup untuk memikirkan hak sosial mereka.

Banyak hal yang perlu untuk di Pikirkan secara serius oleh Kemensos RI untuk masadepan mereka.

Dua orang dari tamu tamu itu bermain dan brgembira bersama anak anak LKS kemudian jelang magrib dibagikan bingkisan untuk dibawa pulang, alhamdulillah semuanya tersenyum bahagia.

Sisanya  empat dari enam orang tersebut berdiskusi hingga menjelang pukul 20 00 dan acara ditutup dengan berpamitan setelah acara poto poto bersama. (TL/Red).

Laporan : Abu Ikbal
Editor : Amaq Auliya