logo


Perubahan di Era Digital

Berikut penjelasanya
45 View

Perubahan di Era Digital
Ilustrasi_foto internet stock

TAJUKLOMBOK. COM - Perkembangan dan perubahan teknologi kearah serba digital saat ini memang semakin pesat. Pada era digital seperti ini manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang seba elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu Sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi telah digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaannya.

Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa digunakan sebaik-baiknya. Tetapi secara bersamaan era digital juga membawa banyak dampak yang negative, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digital ini. Era digital terlahir dengan kemunculan digital, jaringan khususnya teknologi informasi dan computer.

Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia, lahirnya berbagai macam teknologi digital yang maju telah banyak bermunculan.

Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses segala informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali. Teknologi digital masa kini yang semakin canggih dan mudah menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia.

Manusia telah dimudahkan dalam melakukan akses apapun terhadap informasi melalui banyak cara serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas. Tetapi disayangkan ada dampak negative muncul sebagai ancaman, tindak kejahatan mudah terfasilitasi seperti game online dapat merusak mental generasi muda, pornografi dan pelanggaran hak cipta mudah dilakukan.  

Dan telah banyak perkembangan era digital ini yang dilakukan Indonesia termasuk media massa di Indonesia berubah dalam menyampaikan informasi, media online di era sekarang ini menggeserkan media massa konvensional. Budaya digital masyarakat ndonesia sangat cepat menerima perkembangan teknologi tersebut.

Dalam perkembangan teknologi digital ini tentu banyak dampak yang dirasakan dalam era digital ini, baik dampak positif maupun dampak negative. 

Dampak poistif era digital antara lain: 

  1. Informasi yang kita butuhkan sangat cepat dan lebih mudah dalam mengaksesnya
  2. Meningkatnya sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi 
  3. Munculnya e-bisnis seperti toko online yang menyediakan berbagai barang kebutuhan dan kita mudah mendapatkannya
  4. Tumbuhnya inovasi dalamberbagai bidang yang berorientasi pada teknologi digital yang dapat memudahkan proses pekerjaan kita

Dampak negative era digital antara lain:

  1. Adanya ancaman penyalahgunaan pengetahuan untuk melakukan tindak pidana seperti pembajakan perbankan
  2. Adanya ancaman pelanggaran hak cipta seperti pembajakan software
  3. Adanya penipuan, prnografi dan permainan yang disalahgunakan dan tidak bertanggung jawab
  4. Banyak tersebarnya berbagai informasi palsu atau yang disebut hoaks    karena informasi ini sangat menakutkan semua masyarakat dibanding pembunuhan karena mempunyai efek yang berjalan dalam jangka Panjang tentunya sangat berbahaya dan harus kita hindari.

Upaya yang harus dilakukan pada era digital 

  1. Era digital ini harus disikapi dengan serius, mengendalikan dan menguasai peran teknologi dengan baik karena era digital membawa manfaat bagi kehidupan. Pendidikan harus menjadi media utama untuk memahami, menguasai dan memperlakukan teknologi dengan baik dan benar.
  2. Orang tua juga harus dipahamkan agar bisa mengontrol sikap anaknya terhadap teknologi dan memperlakukannya atau menggunakannya dengan baik dan benar. Tetapi di sisi lain dunia anak memang sangat memprihatinkan khususnya pada perubahan karakter sikap dan mental, karena banyak sikap anak yang agresif dan munculnya kekerasan fisik, bullying, game online dan yang menjadi kekhawatiran terbesar ialah pergaulan yang mengarah ke seks bebas. 
  3. Anak memerlukan pendampingan yang extra dari orang tuanya agar terhindar dari isu-isu yang dapat menyesatkan anak. Sebagai orang tua juga harus professional saat mendidik anak seperti tidak memperlihatkan kekerasan fisik karena itu bisa ditiru.
  4. Penanaman dan penerapan agama di dalam keluarga adalah solusi yang terbaik dan penting. Orang tua harus melakukan dan menerapkan ibadah, belajar dan bermain atau kegiatan-kegiatan positif. (red).

Oleh : Novia Tri Ratnasari, Mahadiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, fakultas Ekonomi Prodi Manajemen