logo


Perubahan Fisik Wanita Saat Beranjak Remaja

Berikut penjelasanya
74 View

Perubahan Fisik Wanita Saat Beranjak Remaja
Ilustrasi_foto internet stock

TAJUKLOMBOK. COM - ​Perubahan yang terjadi akibat memasuki masa remaja pada perempuan ada beberapa macam, salah satunya adalah perubahan fisik yang lebih menonjol dari perubahan – perubahan lainnya.
​

Nah, bagi orang tua, tidak salahnya mencari tau apa saja yang berubah dari fisik sang buah hati pada saat memasuki masa remaja
Perubahan – perubahan tersebut meliputi :

1 Perubahan Pada Tinggi Badan

​Perubahan ini merupakan perubahan yang paling besar pengaruhnya, dalam perubahan ini tinggi badan menjadi leih tinggi dari sebelumnya, padahal orang tersebut tidak merasakan apa yang sedang terjadi, namun orang disekitarnya akan lebih melihat dan membandingkannya, namun perubahan ini tidak selalu sama pertumbuhannya oleh perempuan satu dengan perempuan lainnya.

2 Perubahan Pada volume Buah Dada

​Di perubahan ini, perempuan pasti akan mengalaminya, mereka akan menyadari bahwa volume dan bentuk dari buah dada berubah menjadi lebih berisi dan seperti ada batu kecil di dalamnya.

3 Perubahan Pada Volume Pantat

​Diperubahan ini hampir sama denganperubahan pada volume buah dada, hanya saja volume yang berubah terjadi pada pantat.

​Nah, itulah beberapa perubahan yang terjadi pada perempuan pada saat memasuki masa remaja, masa remaja perempuan biasanya ditandai dengan terjadinya menstruasi, dan keputihan yang sedikit kecoklat-coklatan.

​Bagi semua orang tua, jangan lupa untuk selalu mengingatkan pada sang buah hati untuk selalu menjaga kebersihan, karena biasanya jika perempuan memasuki masa remaja akan terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan anak mengalami bau badan. (TL/red).

Oleh : Dewi Palupi Jurusan Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Referensi: Kids Health. Diakses pada 2021. Understanding Puberty