logo


Pesta Rebo Bontong 2018, Dirayakan dengan Senam Bersama di Pantai Ketapang

Berikut penjelasanya
509 View

Pesta Rebo Bontong 2018, Dirayakan dengan Senam Bersama di Pantai Ketapang

TAJUKLOMBOK. COM - Ribuan masyarakat Pringgabaya, Lombok Timur padati pantai Ketapang di acara pesta adat Rebo Bontong, Rabu (7/11/2018) sore. 

Tak hanya seperti tahun-tahun sebelumnya dengan melakukan pemotongan hewan dan kepalanya dipersembahkan untuk laut. Pasalnya, ritual nenek moyang itu dinilai bertentangan dengan keyakinan agama Islam.

Isteri Kepala Desa Seruni Mumbul Susanti saat ditemui senam bareng warga oleh TajukLombok.Com membenarkan, tak dilaksanakannya ritual laut pada Rebo Bontong tahun 2018 ini. 

"Tidak ada lagi acara di laut. Setelah senam ini, Rebo Bontongnya selesai, " ujarnya. 

Senam bareng itu berjalan lancar diiringi bass hollyword yang disponsori Penerta Warna Warni dan ikut berkontribusi menyukseskan acara ibu-ibu itu. 

"Senam ini untuk membangun kekompakan nasyarakat tiang (saya). Kita memperlihatkan kekompakan khusus untuk ibu-ibu, " katanya sambil bergoyang dan berbaur dengan warga Pringgabaya. 

Di sepanjang jalan menuju Ketapang, baliho perayaan Rebo Bontong berbarengan dengan penolakan penambangan pasir di kawasan pariwisata Ketapang. Masyarakat Pringgabaya menolak keras rencana pemerintah daerah itu dengan alasan dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem laut. (cr/Bambang_H)