logo


Prodi Sosiologi Unham Gelar Oasis SMA se-NTB

Berikut penjelasanya
Sabtu, 14 Des 2019, 12:23:55, 948 View

Prodi Sosiologi Unham Gelar Oasis SMA se-NTB
Kaprodi Sosiologi Unham Abdurrahman, MSi_dokpri

TAJUKLOMBOK. COM - Era industri 4.0 sedang menjadi tema terkini yang sangat menarik yang selalu diangkat diberbagai forum ilmiah terutama perguruan tinggi. Revolusi industri 4.0 merupakan revolusi industri keempat dan hadir setelah terjadi revolusi industri pertama dengan ditemukannya mesin uap. Revolusi industri kedua yang berkaitan dengan listrik, revolusi industri ketiga yang serba komputerisasi.

"Revolusi Industri 4.0 merupakan pengkolaborasian teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya secara otomatis tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses implementasinya," ungkap Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi (Unham), Abdurrohman, M.Si, Sabtu (14/12/2019) di Pancor, Lombok Timur NTB.

Berdasarkan hal itulah, lanjut dia, Program Studi Pendidikan Sosiologi mengangkat tema dalam olimpiade sosiologi siswa (Oasis) yang akan dilaksanakan tanggal 29 Januari 2020 mendatang, yang akan diikuti oleh siswa SMA sederajat di Nusa Tenggara Barat.

"Olimpiade sosiologi siswa ini mengangkat tema kontribusi sosiologi dalam memberikan solusi di era revolusi industri 4.0. Tema ini sangat relevan dengan fenomena kehidupan kita semua saat ini yang sedang dihadapi," jelas Kaprodi jebolan UGM itu.

Melalui Oasis, lanjut Abdurrohman, siswa diharapkan memiliki kemampuan memahami dunia teknologi yang sangat pesat, perubahannya nyaris terjadi setiap waktu tanpa pernah diduga. "Untuk kelancaran Oasis, kami melakukan kerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Kabupaten dan Provinsi NTB serta pihak dinas terkait," jelasnya.

Ia berharap, kegiatan Oasis ini dapat menumbuhkankembangkan pemahaman siswa dalam konteks kehidupan di era sekarang yang dikenal dengan era revolusi industri 4.0. Siswa dapat mengambil peran dalam memberikan solusi sesuai status dan peran masing-masing.

Adapun pendaftaran dibuka tanggal 06-20 Januari 2020 dengan dua cara bisa secara langsung ke Raktorat Universitas Hamzanwadi Prodi pendidikan Sosiologi dan melalui online dengan mengklik
 https:/tiny.cc/oasis2019.

"Ayo daftarkan diri untuk mengikuti olimpiade sosiologi yang akan digelar 29 Januari-01 Februari 2020. Kami mengundang semua sekolah tingkat SMA sederajat untuk mengirim siswanya sebagai duta dalam olimpiade," pungkas Abdurrohman. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya