logo


Puncak Kabul, Menggugah Hati Menggaet Investasi |Tajuklombok

Berikut penjelasanya
356 View

Puncak Kabul, Menggugah Hati Menggaet Investasi |Tajuklombok
Salah satu icon wisata Puncak Kabul_Tajuklombok. Com/istimewa

TAJUKLOMBOK. COM – Guna mengembangkan dan menjadikan Objek Wisata Alam (OWA) Puncak Kabul Desa Kabul Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah, pengelola harus memiliki daya dukung terciptanya ‘Desa Wisata’, maka disamping harus membangun sinergitas semua pihak terkait untuk memberikan perhatian serius, disamping itu harus ada campur tangan yang berkompeten dalam keparawisataan, sehingga OWA Puncak Kabul masuk kedalam salahsatu destinasi wisata pilihan yang memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal maupun interlokal. 

Sinergitas dari pihak terkait, yaitu kerjasama antara Tokoh Masyarakat dengan Karang Taruna setempat termasuk para pihak yang memiliki pengaruh langsung atas eksistensi lokasi OWA Puncak Kabul tersebut, salahsatunya pihak Kedusunan.

Sebelum memasuki Desa Kabul, deretan bangunan-bangunan semi beton yang perlahan berganti dengan hamparan persawahan subur menemani perjalanan menyusuri sepanjang Jalan DAM Pengge. Selanjutnya ketika anda mulai memasuki kawasan di selatan DAM Pengge, petak-petak persawahan itu pun berganti dengan barisan pohon bambu. Namun siapa yang menyangka di antara rapatnya perbukitan, tersembunyi sebuah destinasi wisata unik, yakni wisata edukasi sebagaimana yang diharapkan pengelola, namun entah kapan harapan indah tersebut bisa terwujud.

"Harapannya, wahana ini akan menjadi wisata edukasi bagi pelajar tapi entah kapan kami bisa lonching tempat wisata ini, sebab keterbatasan kami dari sisi pendanaan," ucap Sauti lirih saat ditemui di lokasi Puncak Kabul, Senin (27/7). 

Berawal dari usaha Sauti yang ingin memberdayakan masyarakat sekitar, area hutan jati ini pun diubah menjadi salah satu kawasan wisata alternatif yang menyatu dengan alam. Konstruksi-konstruksi dari bambu dan rumah-rumah sederhana berdinding kayu dibangun di antara pohon-pohon jati yang tumbuh tegak. Pohon-pohon jati yang tumbuh pun dimanfaatkan sebagai tiang-tiang penyangga konstruksi bambu. Di tempat inilah para pengunjung biasanya menghabiskan waktu menikmati keindahan pemandangan kawasan gunung Mareje.

Selain itu, ditempat ini ada cukup banyak kata-kata yang menggugah bagi kamu yang jomblowan maupun jomblowati, sehingga tempat ini sangat pas untuk kamu kunjungi untuk sekedar menghilangkan efek patah hati.

Mengunjungi Puncak Kabul semakin syahdu di kala sore, saat matahari mulai bergeser ke arah barat dan sinarnya tak lagi terasa menyengat. kita bisa melepas penat untuk menikmati senja, dengan  spot favorit para pengunjung menikmati saat-saat langit perlahan melorotkan jubah sang malam. 

"Impian kami juga menyediakan cottage, area camping ground, playing fox, ayunan serta tenda yang bisa disewa. Sehingga tak jarang sekolah atau kampus memanfaatkan kawasan wisata ini untuk acara-acara berkemah atau semacamnya dilokasi gunung bagek disebelah Utara desa," celetuk salah seorang pengelola.

Pegiat wisata Alam dan Budaya warga Desa Kabul juga sekaligus pengelola area di Bukit Puncak Kabul, berharap adanya sejumlah potensi wisata yang bisa digabungkan menjadi satu paket, dimana diselatan DAM Pengge yang lokasinya seperti Gili, ada sebuah makam yang harapannya bisa menjadi wisata religi sekaligus nantinya sewaktu waktu bisa diadakan lomba dayung disekitar DAM Pengge.

Dikatakan, masyarakat Desa Kabul jika dikelola dan diberi pembinaan wawasan tentang alam dan Budaya dengan baik, tentunya sangat layak menjadi salah satu tujuan desa wisata di Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk diketahui, Desa Kabul merupakan kawasan perbukitan di selatan Lombok Tengah. Daerah pegunungan ini cenderung memiliki debit air yang rendah sehingga tidak banyak pohon-pohon hijau tumbuh di sini. Namun di daerah ini kamu bisa menemukan deretan hutan jati di sepanjang perjalanan menuju ke kawasan pantai selatan. Di daerah Kabul anda akan menemukan jalan yang banyak hutan jati di sepanjang sisi jalan. Di kanan kiri jalan anda bisa berhenti untuk memotret daun-daun jati yang berguguran. Kawasan ini sangat mudah dijangkau karena berdekatan dengan area wisata pantai selatan. Pesona indah lain yang bisa ditemukan dalam hutan jati ini adalah ketika musim kemarau anda bisa menemukan pohon-pohon kering tanpa daun.

Nama Puncak Kabul yang dikelilingi pohon Jati memang jarang dikenal oleh para wisatawan. Bahkan, untuk memperoleh status sebagai desa wisata teramat sangat mustahil. Pasalnya, masih banyak kendala yang dihadapi pengelola desa wisata untuk lebih mengoptimalkan potensi yang ada di setiap kampung.

"Masih banyak kendala yang dihadapi pengelola deaa wisata untuk lebih mengoptimalkan potensi yang ada di setiap kampung," kata Supriadi.

Oleh karena itu, dikatakannya, kegiatan kepariwisataan di Desa Kabul belum bisa maksimal terutama untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada pagi hari. Selain itu, dari sisi promosi, dikatakannya, para pengurus masih perlu dukungan dari pemerintah provinsi atau jika memungkinkan berharap ada pahlawan yang mau berinvestasi mengembangkan pariwisata di daerah selatan. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya

Berikut ini kami sertakan video kreasi teman teman Pokdarwis Desa Kabul, silahkan klik link dibawah ini, selamat menyaksikan...!