logo


Run Way BIZAM terpanjang Ke Lima Di Indonesia

Berikut penjelasanya
107 View

Run Way BIZAM terpanjang Ke Lima Di Indonesia
Ilustrasi_foto doc. FB Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid

TAJUKLOMBOK. COM – Proyek perpanjangan run way atau landasan pacu Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) akan dimulai bulan ini. Ditargetkan proyek ini akan tuntas pada Juli tahun 2021 mendatang.

‘’Dengan perpanjangan tersebut nantinya BIZAM (LIA) akan memiliki run way terpanjang kelima di Indonesia,’’ ungkap Communication and Legal Section Head PT. Angkasa Pura (AP) I LIA, Arif Hariyanto, kepada Suara NTB, Kamis, 19 November 2020.

Saat ini panjang run way BIZAM sekitar 2.700 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.300 meter. Sehingga akan mengalahkan panjang run way Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar sebagai bandara dengan panjang run way terpanjang ke lima di Indonesia untuk saat ini yakni 3.100 meter. ‘’Kalau (perpanjangan run way) sudah jadi, maka run way ini jadi yang kelima terpanjang di Indonesia,’’sebut Arif.

Sejauh ini, Bandara Hang Nadim, Batam masih menjadi bandara dengan run way terpanjang di Indonesia yakni 4.025 meter. Diikuti kemudian Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Medan dengan panjang 3.750 meter. Baru kemudian Bandara Soekarno-Hatta, Banten 3.660 meter dan Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Papua dengan panjang 3.571 meter diurut keempat.

Pihaknya berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah ini, supaya proyek perpanjangan run way BIZAM bisa berjalan aman dan lancar. Sehingga bisa selesai tepat waktu. Supaya bisa mendukung rencana gelaran MotoGP di kawasan The Mandalika dibulan Oktober 2021 mendatang.

Dengan panjang 3.300 meter itu nantinya, pesawat-pesawat berbadan lebar atau wide body bisa mendarat di BIZAM. Bahkan pesawat boeing tipe 777 sekalipun, itu juga sudah bisa dilayani dengan panjang run way tersebut. ‘’Perpanjangan run way ini selain memang sudah masuh rencana program pengembangan BIZAM, sekaligus untuk mendukung event balap MotoGP Mandalika,’’ teranganya.

Arif menjelaskan, area run way BIZAM yang akan diperpanjang ialah run way sebelah timur. Mengingat kondisi lahan yang masih cukup luas. Ada dua program besar terkait pengembangan LIA yang dimulai tahun ini. Selain perpanjangan run way, ada juga perluasan terminal bandara yang ditargetkan tuntas bulan Februari.

Dengan adanya perluasan terminal bandara tersebut, ke depan BIZAM bisa menampung hingga 7 juta penumpang pertahun. Dari semula saat ini hanya 3,5 juta penumpang pertahun. (kir SUARANTB.com/TL/Red)

Editor : Ama Auliya

Berita ini sudah tayang di SUARANTB.com dengan judul ‘’Run Way’’ BIZAM akan Jadi yang Terpanjang Kelima di Indonesia.