logo


Sambut 2021, Pokdarwis Sekar Kedaton Penujak Siapkan Langkah Strategis

Berikut penjelasanya
285 View

Sambut 2021, Pokdarwis Sekar Kedaton Penujak Siapkan Langkah Strategis
Anggota Pokdarwis Sekar Kedaton Desa Penujak

TAJUKLOMBOK. COM - Pandemi ini bagi sebagian besar orang merupakan mimpi buruk yang tidak diharapkan, terlebih jika menimpa masyarakat dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Tentunya tak ada orang yang bisa mengelak dari keadaan ini, tapi hidup ini harus tetap terus berjalan. Masa depan harus dipersiapkan. Jika tidak ada sesuatu yang berubah, maka tak ada jaminan masa depan akan lebih baik.

Menyikapi hal tersebut, pemuda desa Penujak yang tergabung dalam Pokdarwis Sekar Kedaton menggelar rapat dalam rangka mempersiapkan program kerja tahun 2021 yang tinggal menghitung hari.

"Meski saat ini kunjungan menurun karena pandemi Covid-19, kita tatap masa depan dengan optimistis. Insya Allah badai ini kita lewati bersama,” ujar Abdurrahim selaku Ketua Pokdarwis Sekar Kedaton Desa Penujak saat membuka rapat yang bertempat di aula kantor desa, Selasa (22/12/2020).

Ditambahkannya, pemulihan kunjungan wisatawan menjadi salah satu prioritas Pokdarwis Sekar Kedaton kedepannya. Tentu dengan menyesuaikan adaptasi Nurut Tatanan Baru (NTB) di masa pandemi Covid-19.

"Fokus kita tahun depan adalah menggaet pengunjung, baik lokal maupun nasional bahkan internasional," imbuhnya. 

Rahim memaparkan,  ada lima langkah yang kini dipersiapkan guna menyambut 2021. Pertama, bantuan infrastruktur dan fasilitas. 

"Pemda harus turut membenahi destinasi yang dikelola Pokdarwis, termasuk aksesabilitas dan fasilitas yang ada di destinasi,” ujarnya.

Langkah kedua, lanjut Rahim, pengembangan SDM wisata melalui berbagai pelatihan dan kursus.

”Jadi, pegiat Pokdarwis harus menguasai manajemen pariwisata secara komprehensif,” jelasnya.

Ketiga, menjembatani permodalan. ”Kami akan menggandeng lembaga pembiayaan untuk membantu permodalan Pokdarwis dengan skema mudah dan murah,” ujarnya.

Keempat, memperkuat atraksi di destinasi. ”Misalnya, di Penujak ada Gerabah, nah dalam kunjungannya, wisatawan akan dilibatkan untuk tampil. (Diajak membuat sendiri kerajinan gerabah:red),” jelasnya.

Kelima, membantu promosi wisata desa. ”Desa (melalui BUMDes:red) membantu mempromosikan destinasi yang dikelola Pokdarwis. Termasuk kerja sama dengan layanan seperti Traveloka, Tiket.com, dan sebagainya,” pungkas Rahim.

Sementara itu, Kepala Desa Penujak L. Suharto yang dikonfirmasi mengenai kegiatan Pokdarwis Sekar Kedaton menjelaskan, Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) memiliki peran strategis memajukan sektor pariwisata. Maju mundurnya pengelolaan objek-objek wisata, termasuk desa wisata dipengaruhi oleh eksistensi pokdarwis setempat.

“Setiap pokdarwis dituntut kreatif dan inovatif. Tanpa itu, jangan harap bisa maju,” jelasnya. 

Dengan kreativitas itu, maka objek wisata yang dikelola pokdarwis menjadi menarik. Keadaan itu akan mengundang wisatawan datang. Setelah pengunjung berdatangan, maka pokdarwis harus siap melayani. Prisip dalam Sapta Pesona sebagai jabatan dari Sadar Wisata harus dipratikkan. 

“Layani dengan ramah dan jangan buat pengunjung kecewa. Buat wisatawan terkenang sehingga akan datang lagi,” pintanya.

Dikatakan, setelah banyak pengunjung datang, maka bagi pokdarwis tak akan kesulitan mengakses pihak manapun.

Termasuk adanya bantuan pemerintah maupun corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari swasta akan berdatangan. “Jangan khawatir. Nggak perlu dicari, tawaran bantuan pasti datang dengan sendirinya,” ujarnya memberikan semangat. (TL/Red).


Editor : Ama Auliya