logo


Sambut Kemenangan, TPQ Al-Hidayah dan IPJB Gelar Pawai Keliling Kampung

Berikut penjelasanya
235 View

Sambut Kemenangan, TPQ Al-Hidayah dan IPJB Gelar Pawai Keliling Kampung

TAJUKLOMBOK. COM - Kondisi pendemi Covid-19 masih belum berlalu hingga memasuki bulan Syawal 1442 H, saat umat Islam menikmati Hari Raya Idul Fitri. Berbagai kegiatan keagamaan yang biasanya selalu meriah dalam kebersamaan, tahun ini terasa sangat berbeda.

Salah satu kegiatan itu adalah syiar mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid, atau biasa disebut dengan “Takbiran” yang sangat dianjurkan selama malam hari raya. 

Pada tahun-tahun sebelumnya di seluruh kawasan di Kabupaten Lombok Tengah pada malam Hari Raya Idul Fitri selalu diselenggarakan acara Takbir Keliling, yaitu mengumadangkan bacaan takbir, tahlil, dan tahmid secara berarak-arakan di sepanjang jalan, diiringi beragam tetabuhan dan berbagai pameran visual. Namun pada tahun ini pemerintah di semua tingkatan dan segenap organisasi kemasyarakatan melarang penyelenggaraan takbir keliling tersebut, karena dikhawatirkan akan berpotensi menjadi tempat penularan Covid-19.

Oleh karena itu, TPQ Al-Hidayah dan Ikatan Remaja Johar Baru Dusun Karang Daye Bat Desa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah menggelar pawai takbiran diseputaran lingkungan tempat tinggal agar tak membuat suasana kemenangan menjadi redup. 

"Kita keliling kampung aja. Dan ini menjadi wujud rasa syukur menyambut kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa yang tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi menang melawan hawa nafsu," kata, M. Dayat Rabu (12/5/2021).

Ia mengatakan, takbiran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya takbiran kali ini disaat pandemi covid-19. Untuk itu, dilaksanakan dengan sederhana dan berkeliling kampung atau seputaran lingkungan tempat tinggal.

"Meski sederhana dan dilingkungan saja tapi tidak mengurangi makna dari kemenangan yang fitrah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Karang Daye Bat M. Sahiburrahban menegaskan bahwa pelaksanaan pawai ini sudah melalui prosedur prokes dan dilengkapi surat permakluman dari pihak kepolisian.

"Acara ini prosedural, sesuai dengan protokol," tandasnya. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya