logo


Sambut Safar, PCNW Batukliang Gelar Hiziban Akbar

Berikut penjelasanya
300 View

Sambut Safar, PCNW Batukliang Gelar Hiziban Akbar
Hiziban Akbar Pengurus Cabang NW Batukliang_Tajuklombok. Com

TAJUKLOMBOK. COM - Tak terasa bulan Muharam telah meninggalkan kita. Minggu (Senin malam), 29 September 2019, umat Islam sudah memasuki bulan Safar.

Di zaman Arab Jahiliyah, Safar sempat dianggap sebagai bulan sial. Anggapan itu muncul karena kata Safar dalam hadis bisa juga bermakna kesialan. namun Nabi mampu mendobrak anggapan kaum arab jahiliyah yang menganggap safar sebagai bulan sial.

Dalam Islam, tak ada satupun hari, apalagi bulan, yang dianggap sial. Seorang ulama bahkan menjelaskan alasan di balik pemberian nama Safar.

Ibnu Mandzur dalam Lisanul ‘Arab menyatakan nama Safar diambil “ Karena kosongnya Mekah dari penduduknya apabila mereka bepergian.” (Ibnu Mandzur, Lisânul ‘Arab, Dar el-Shâdir, Beirut, juz 4).

Menyambut bulan Safar 1441 H, Pengurus Cabang Nahdlatul Wathan (NW) Kecamatan Batukliang mengadakan hiziban akbar yang merupakan kegiatan rutin dan dihadiri oleh pengurus Anak Ranting NW se-Kecamatan Batukliang, dan masyarakat umum. Minggu (29/9). 

Dalam sambutannya, TGH. Muazzin selaku Ketua Cabang NW Batukliang, mengajak jamaah untuk terus menggaungkan hizib di setiap sudut desa. 

Hizib NW disusun tahun 1943 di mana pada masa itu penjajah Jepang ingin menutup sekolah-sekolah termasuk Nahdlatul Wathan dan Nahdlatul Banat. Maulanasyeikh berinisiatif menyusun hizib NW atas keyakinan melawan Jepang tidak cukup dengan usaha. (TL/Red)