logo


Sinar5 Care Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kabul

Berikut penjelasanya
438 View

Sinar5 Care Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kabul
Tim Sinar5 Care saat menyerahkan bantuan di Dusun Pampang Kabul/Tajuklombok/ist

TAJUKLOMBOK. COM - Setelah sebelumnya menyalurkan bantuan tanggap darurat Sinar5 Care di Kecamatan Pujut, selanjutnya tim menyisir korban banjir yang ada di dusun Pampang Desa Kabul Kecamatan Praya Barat Daya.

Kehadiran tim yang dipimpin TGH. Habib Ziadi Tohir ini langsung disuguhkan pemandangan indah berupa kubangan jalan yang masih tergenang air dan puing-puing fasilitas Ponpes Syamsul Ma'arif NU yang porak poranda diterjang air bah.

"Sinar5 Care berikhtiar untuk hadir dalam program sosial yang real terlebih dalam kondisi seperti saat ini, seperti cuaca ekstrim atau kondisi pandemi, ujar Habib Ziadi, (Sabtu/02/2021).

Ia juga berterima kasih kepada donatur yang turut membantu dalam penyaluran bantuan ini.

"Kami ucapkan jazakumulloh khair kepada rekan-rekan yang telah ikut berkontribusi melalui Sinar5 Care Loteng. Semoga segala hajatnya dikabulkan Alloh SWT," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kabul Saurim, A.Ma menyampaikan bahwa empat dusun yang terdampak dari banjir namun paling parah Pondok Pesantren Samsul Ma'arif NU, yang berlokasi di Dusun Pampang. 

"Dari 4 Dusun yang terdampak, terdapat satu  rumah yang rusak parah. Dan paling parah di Ponpes ini," papar Saurim.

Dikatakannya, Data sementara, yang terdampak banjir di Desa Kami ini sekitar 111 KK yang terdata, dan Alhamdulilmah sampai hari ini banyak uluran tangan dari berbagai pihak.

"Seperti tadi kami di datangi salah satu Tokoh muda NW. yang tahun lalu ikut kontens dalam pilkada Lombok Tengah, yang memiki jargon MANTHAB," tuturnya.

Ditambahkannya, kebutuhan kami saat ini seperti pengerasan jalan, yang tergenang banjir dan perbaikan pasilitas umum lainnya. 

"Pemerintah kabupaten juga pernah mendatangi lokasi ini, namun sampai saat ini belum ada kabar terkait tindak lanjut, guna perbaikan pasilitas umum yang rusak di desa kami,"

"Kami berharap dari pihak pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk segera membantu kami karena dana desa kami tidak cukup untuk memperbaiki semuanya," imbuhnya. 

Ia mengakui jika di wilayahnya memiliki tim Kelompok Masyarakat Peduli Banjir (KMPB) namun masih pasif, selanjutnya ia berjanji akan memfasilitasi kebutuhannya. 

"Di desa kami ada tim. KMPB namun belum begitu aktif, akan tetapi mulai tahun ini, PemDes akan mempasilitasi kebutuhan-kebutuhan Tim KMPB guna menanggulangi bencana di desa kami nantinya," tandasnya.

Kerugian akibat banjir bandang di 4 dusun di Desa Kabul Kecamatan Praya Barat ini mencapai 500 juta,  masyarakat berharap pemerintah Provinsi sudi kiranya mengunjungi lokasi, baik itu Gubernur maupun Ibu Wakil Gubernur. (TL/Red).

Laporan : Muhammad Ali. 

Editor : Amaq Auliya