logo


SMAN 1 Terara Peringati Sumpah Pemuda dengan Fashion Show Terune dan Dedare Sasak

Berikut penjelasanya
2167 View

SMAN 1 Terara Peringati Sumpah Pemuda dengan Fashion Show Terune dan Dedare Sasak
Dokpri

TAJUKLOMBOK. COM - Hari Sumpah Pemuda sering dimaknai sebagai pengingat tentang semangat perjuangan kaum muda di masa lampau. Selain itu, Sumpah Pemuda juga dimaknai sebagai momentum bersatunya para pemuda, yang kemudian bergerak bersama dan berjuang menuju Indonesia merdeka. Hari Sumpah Pemuda diperingati diseluruh Indonesia setiap tanggal 28 Oktober. 

Salah satunya di SMAN 1 Terara, Lombok Timur. Peringatan hari Sumpah Pemuda pada Senin, 28 Oktober 2019, seluruh warga SMA Negeri 1 Terara, Lombok Timur menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara.

Peringatan hari Sumpah Pemuda dimulai dengan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Lapangan SMAN 1 Terara, yang disambung dengan acara Fashion Show Terune Dedare oleh siswa-siswi mulai dari kelas X hingga kelas XII, acara yang digagas oleh OSIS SMAN 1 Terara ini menarik perhatian seluruh warga sekolah karena menampilkan bakat siswa-siswi dalam berlenggak-lenggok menggunakan busana daerah di atas karpet merah. Selain itu penggunaan pakaian adat ini untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan para siswa diantara keberagaman.

Dengan peringatan demikian, diharapkan mereka (siswa, red), agar betul-betul menghayati kembali nilai-nilai Sumpah Pemuda. Diantaranya, termasuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, di tengah-tengah ragam suku bangsa. Ini dinilai sangat penting, meskipun hanya di tingkat sekolah, atau di tingkat kelas sekalipun. Di samping itu, hal ini juga untuk menerapkan, bagaimana ketika pada tahun 1928, pemuda Indonesia mewujudkan Sumpah Pemuda, agar mereka betul-betul menjiwai, bahwa Sumpah Pemuda bukan hanya ucapan saja.

Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda. (TL/Red).