logo


Tak Mau Sekedar Jadi Penonton Dalam Event MotoGP, IMPB Gali Potensi Dengan NGOPI

Berikut penjelasanya
348 View

Tak Mau Sekedar Jadi Penonton Dalam Event MotoGP, IMPB Gali Potensi Dengan NGOPI
Dokpri

TAJUKLOMBOK. COM - Perhelatan Moto GP 2021 yang tinggal menghitung hari, mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Tidak ketinggalan, Ikatan Mahasiswa Praya Barat (IMPB) yang menggelar diskusi tentang Pengembangan SDM guna menyambut pagelaran salah satu event olahraga favorit musiman berkelas dunia tersebut. 

Sambil ngobrol dapat ilmu alias mencerahkan merupakan diskusi rutinitas yang di laksanakan setiap minggu oleh IMPB. Kegiatan ini dibanderol dengan sebutan NGOPI (Ngobrol Pintar).

Minggu terakhir di bulan Januari, para pentolan NGOPI tertarik untuk membahas bagaimana kesiapan SDM yang ada di Praya Barat perihal Perhelatan MotoGP 2021. 

Dalam diskusi ini IMPB turut mengundang Saudara Arifil Zohdi, Mahasiswa Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Mataram yang juga merupakan Ketua Forum Pemuda Peduli Desa menjadi Pengisi materi.

"Agenda diskusi mingguan ini sangat penting kita laksanakan, guna melihat perkembangan desa kita yang ada di Praya Barat," ujar Ketua Umum IMPB Herman Toni.

Ditambahkannya, tentu menjadi tanggung jawab pemuda dan mahasiswa untuk menggali potensi SDM guna bisa mendapat tempat di pagelaran MotoGP.

"Persentase kebutuhan tenaga kerja lokal dapat di katakan cukup besar yang mencapai 69%, sedangkan 30% untuk tenaga kerja dalam negeri, dan sisanya 1% untuk TKA," imbuhnya. 

Sehingga dalam diskusi, pemateri menyampaikan peran pemuda dan mahasiswa dalam mengedukasi masyarakat terkait dunia pariwisata. 

Tak lupa pula pemateri memberikan poin penting tentang beberapa indikator penunjang pengembangan SDM untuk pariwisata di NTB. 

"Di samping peran pemerintah, disinilah peran pemuda dan mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kita mengambil peran dalam perhelatan MotoGP ini, jangan mau jadi penonton di rumah sendiri," Sambut Bang Arifil.

Walau Sirkuit Mandalika Lombok masih merupakan sirkuit cadangan untuk MotoGP 2021, tak akan menyurutkan langkah Mahasiswa untuk menggali potensi SDM untuk mempersiapkan perhelatan kompetisi olahraga dunia tersebut. 

Karna pemuda dan mahasiswa yakin Sirkuit Mandalika Lombok suatu saat akan terpilih menjadi salah satu sirkuit yang akan digunakan dalam kompetisi itu. Sebab Sirkuit Mandaika merupakan salah satu sirkuit termegah dan termewah di dunia. (TL/Red).

Laporan : Arie

Editor : Amaq Auliya