logo


Tari Sasambo Ponpes Sabilurrosyad meriahkan Musda II Satgas Hamzanwadi

Berikut penjelasanya
1010 View

Tari Sasambo Ponpes Sabilurrosyad meriahkan Musda II Satgas Hamzanwadi
Foto bersama peserta Musda II Satgas Hamzanwadi Lombok Tengah_Tajuklombok. Com/istimewa

TAJUKLOMBOK. COM - Satuan Tugas (Satgas) Hamzanwadi Lombok Tengah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-II, bertempat di Ponpes Sabilurrosyad NW Barabali, Ahad (16/02/2020).

Tema yang diambil pada Mubes kali ini adalah “Meningkatkan peran aktif Satgas Hamzanwadi dalam mengembngkan islam Washatiyah”, dan dihadiri oleh Dewan Pembina H. L. Suhaimi Ismy yang juga DPD NTB Pusat, Komandan Wilayah Satgas Hamzanwadi Mahdan, Ketua Pengurus Daerah NW Lombok Tengah H. Ahsan Hosen, TGH. M. Thahir Azhari, aPengurus Cabang NW se-Lombok Tengah dan tamu undangan lainnya. 

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Dewan Pembina H. L. Suhaimi Ismy dan juga Ketua Pengurus Daerah NW Lombok Tengah H. Ahsan Hosen, yang sama-sama meminta kepada seluruh elemen untuk sama-sama kompak.

"Mari menanamkan tekad melalui musda-musda dan melalui pertemuan lainnya untuk tetap terus kompak utuh bersatu", tutur mereka dalam sambutan yang berbeda.

Pembukaan Musyawarah Daerah II Satgas HAMZANWADI Lombok Tengah semakin meriah dengan pementasan senam tari Sasambo yang dibawakan oleh santriwati Ponpes Sabilurrosyad NW Barebali.

Lengak lenggok lincah nan gemulai tampak dari gerakan mereka yang kompak saat menampilkan tarian daerah yang melambangkan tiga suku di NTB tersebut. 

"Tari Sasambo telah membawa madrasah Sabilurrosyad NW Barebali pada event nasional di Jakarta, yaitu pada event Jambore Ajang Kreatifitas dan Apresiasi Duta Generasi Berencana BKKBN pada tahun 2019", jelas Husnawati, QH. S. Pd kepada para peserta Musda beberapa menit sebelum pementasan.

Untuk diketahui, Senam Tari Sasambo adalah bentuk inspirasi dari tiga suku yang terdapat di Nusa Tenggara Barat yaitu Suku Sasak di Lombok, Suku Samawa di Sumbawa, dan Suku Mbojo di Bima. Tarian ini bertujuan sebagai pemersatu dari ketiga suku tersebut.

Masing-masing dari ketiga suku tersebut memiliki budaya dan ciri khas tersendiri. Seperti Suku Sasak yang memiliki tarian Rudat, Anjani, dan lain-lain, Suku Samawa dengan Tarian Sawer Kemang, dan Suku Mbojo dengan Tarian Tombaknya. Tarian-tarian tersebut menjadi akar dari terbentuknya Tari Senam Sasambo, lengkap dengan gerakan dan lagu Sasambo yang indah. (Pesona Indonesia). 

Dipenghujung acara, ditutup dengan pengajian umum yang disampaikan oleh TGH. M. Thahir Azhari. 

Penyelenggaraan Musda II Satgas Hamzanwadi Loteng berjalan sukses dan  Ust. H Sadri terpilih sebagai Komandan Satgas Hamzanwadi Lombok Tengah. (TL/Red).

Editor : Amaq Auliya

Silahkan tonton videonya dibawah ini :