logo


Ternyata Indonesia Punya Hacker yang di Takuti dan Diakui Dunia

Berikut penjelasanya
1688 View

Ternyata Indonesia Punya Hacker yang di Takuti dan Diakui Dunia

TAJUKLOMBOK.COM - Menurut Wikipedia Hacker atau yang dalam bahasa Indonesia disebut peretas, merupakan orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.
Di Indonesia juga terdapat banyak sekali hacker dan termasuk negara yang perkembangan hackernya paling banyak di bandingkan dengan negara-negara lainnya.
Pada artikel ini TAJUKLOMBOK akan mengulas 2 hacker Indonesia kelas dunia yang prestasinya sangat mencengangkan.
1. Jim Geovedi

Jim Geovedi merupakan putra bangsa kelahiran bandar Lampung tanggal 28 Juni 1979. Saat ini menjadi seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama yang fokus kepada celah keamanan komputer dan jaringan dengan ke khususan sistem telekomunikasi maupun satelit. Sumber Wikipedia
Jadi dari biografinya tentu kita bisa mengetahui bahwa Jim bukan sekedar hacker kelas rendahan yang meretas toko online atau situs negara biasa, dia mampu meretas satelit. Peretasan satelit ini dilakukan bukan atas dasar iseng namun karena Jim pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit dalam BBC News, 2006 lalu. Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit hingga akhirnya Ia dapat melumpuhkan satelit tersebut. Bukan hanya meretas, Jim bahkan mengubah arah serta menggeser satelit yang Ia retas.
Bahkan pada masa ketika nyaris semua informasi dan manusia terkoneksi, Jim, jika dia mau, bisa setiap saat keluar masuk ke sana: semilsal cuma melongok percakapan surat elektronik atau sekadar mengintip perselingkuhan di dunia maya. Lebih dari itu, Jim bisa saja mencuri data-data penting mulai dari lalu lintas, transaksi bank, laporan keuangan perusahaan atau bahkan mengamati sistem pertahanan negara. "Kalau mau saya bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia," kata dia dalam percakapan dengan Deutsche Welle di BBC News. Bahkan bukan hanya sekedar sebuah isapan jempol, seorang pengamat IT Enda Nasution, menyebutkan, dirinya mengaku percaya jika Jim Geovedi bisa melakukan itu.
2. Hmei7
Sampai berita ini di rilis masih belum ada informasi yang benar benar valid terkait dengan kepastian siapa sebenarnya Hmei7. Tapi kita akan ulas apa yang pernah dilakukan oleh hacker dengan nama Hmei7.
Hmei7 pernah membuat heboh karena berhasil mengacak-acak situs blogging wordpress. Tidak hanya Wordpress, menurut catatan di situs Zone-H, Hmei7 telah meretas (deface) ribuan situs di dunia. Bahkan, eHacking News (02/01), pernah mengulas bahwa Hmei7 ini berhasil melumpuhkan lebih dari 5000 website di seluruh dunia hanya dalam waktu 2 hari saja. Karena ulahnya itu, Hmei7 dikenal sebagai Mass Defacer dunia. (cr/IndraAlSasak)