logo


TGH. Abdul Baasith, Nikmat itu Perlu Diceritakan

Berikut penjelasanya
Sabtu, 14 Des 2019, 01:37:55, 748 View

TGH. Abdul Baasith, Nikmat itu Perlu Diceritakan
TGH. Abdul Baasith Asdjazzi_Tajuklombok. Com/istimewa

TAJUJLOMBOK. COM - “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu (Muhammad) siarkan“. (Ad-Dhuhaa: 11)

Tahadduts bin ni’mah merupakan istilah yang sudah lazim dipakai untuk menggambarkan kebahagiaan seseorang atas kenikmatan yang diraihnya. Hal itulah yang menjadi bahasan cermah TGH. Abdul Baasith Asdjazzi di Masjid Nurul Iman dusun Tatuk Desa Persiapan Pengonak (Ganti), Kamis (12/12).

"Atas anugerah itu ia perlu menceritakan atau menyebut-nyebut dan memberitahukannya kepada orang lain sebagai implementasi rasa syukur yang mendalam" jelasnya. 

Perintah untuk menceritakan dan menyebut-nyebut kenikmatan pada ayat di atas, pertama kali memang ditujukan khusus untuk Rasulullah saw. Namun, perintah dalam ayat ini tetap berlaku umum berdasarkan kaedah “amrun lir Rasul Amrun li Ummatihi” (perintah yang ditujukan kepada Rasulullah, juga perintah yang berlaku untuk umatnya secara prioritas).

Lebih lanjut, TGH. Abdul Baasith menjelaskan tentang Tahadduts bin ni’mah dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya atas kenikmatan materi yang diterima seseorang. Atas kesungguhan beribadah dan taufiq untuk menjalankan amal shalih juga layak dan tidak ada salahnya untuk diceritakan dan diberitahukan kepada orang lain. 

"Ini sebagai sebuah ungkapan rasa syukur dan agar bisa ditiru serta dijadikan contoh. Namun, tentu kepada mereka yang diharapkan mengikuti kebaikan dan amal shalih tersebut", jelasnya.

Mudah-mudahan kenikmatan yang semakin banyak mengalir mewarnai kehidupan kita, mampu kita jadikan sebagai modal untuk memperkuat dan memperbaiki semangat pengabdian kita kepada Allah dalam bentuk amal sholeh yang diridhoiNya. Tahadduts bin ni’mah yang kita lakukan semata untuk mendapatkan perhatian Allah, bukan perhatian dan pujian dari manusia. Namun begitu, harapan dari tahadduts bin ni’mah tersebut semoga akan bisa membangkitkan semangat orang lain untuk sama-sama menghadirkan kebaikan dan kemaslahatan pada bangsa tercinta ini.

Dalam pengajian tersebut tampak hadir Ketua Pengurus Cabang NW Kecamatan Praya Timur Bapak H. Amrillah, bserta jamaah dan tamu undangan kannya. (TL/Red)

Editor : Amaq Auliya