logo


Wagub NTB Hadiri Rapat Paripurna DPR

Berikut penjelasanya
395 View

Wagub NTB Hadiri Rapat Paripurna DPR
Wagub NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah_doc. Humasntb

TAJUKLOMBOK. COM - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah membuka acara rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB dengan agenda Penyampaian Laporan Komisi-Komisi DPRD Atas Hasil Pembahasan serta Persetujuan DPRD Provinsi NTB terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, Selasa (9/7/2019). 

Dalam sambutannya,  Umi Rohmi mengucapkan terima kasih kepada komisi-komisi di DPRD yang sudah memberikan persetujuan atas Raperda tersebut.

“Pada hakekatnya seluruh komisi dewan telah memberikan telaah secara komprehensif. Alhamdulillah dari hasil pembahasan tersebut seluruh komisi DPRD menyatakan persetujuannya meski disertai sejumlah catatan-catatan penting sebagai bahan perbaikan dan peningkatan di masa yang akan datang,” ujar wagub dalam sambutan setelah mendengarkan laporan dari komisi-komisi.

Terhadap berbagai masukan dan catatan komisi-komisi DPRD, wagub menekankan, akan menjadi perhatian serius eksekutif untuk ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan pada pelaksanaan APBD di masa-masa yang akan datang.

Hal ini selaras dengan komitmen bersama bahwa berbagai program dan kegiatan pembagunan yang kita canangkan dan upayakan melalui pemanfaatan potensi APBD setiap tahun adalah dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

“Sehingga upaya kita untuk meningkatkan kualitas potensi APBD untuk jangkauan kebutuhan masyarakat yang lebih besar secara bertahap akan bisa kita wujudkan bersama,” harap wagub.

Selanjutnya, tambah wagub, Pemerintah Provinsi NTB akan benar-benar fokus mengawal APBD 5 tahun ke depan untuk mewujudkan NTB Gemilang. Kerja-kerja untuk NTB yang gemilang ini akan dilaksanakan terarah dan tidak parsial. Begitu juga mengenai penganggaran, harus betul-betul dilaksanakan dengan prinsip-prinsip efektivitas dan efisiensi serta mengedepankan prinsip akuntabilitas.

“Oleh karenanya pemerintah Provinsi NTB saat ini terus berupaya dan berusaha merumuskan Balanced Score Card masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjelaskan satu tujuan dan pencapaian bersama guna memenuhi seluruh Target RPJMD,” ungkapnya.

Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi itu juga mengajak para Legislator Udaya untuk menjaga kebersamaan yang sudah terbangun selama ini.

“Satuan komitmen dan kesamaan sikap serta pandangan antara eksekutif dan legislatif yang telah terbangun dengan baik ini adalah sesuatu yang sangat positif. Semoga suasana kebersamaan dan kebatinan antara eksekutif dan legislatif ini terus kita bangun, tingkatkan, mantapkan dan pelihara,” harap Ummi Rohmi. (Humasntb/TL/Red).