logo


Wagub Rohmi Lepas Kirab Santri Bertema Zero Waste

Berikut penjelasanya
934 View

Wagub Rohmi Lepas Kirab Santri Bertema Zero Waste
Wagub NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah_doc. Humas NTB

TAJUKLOMBOK. COM – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah memberikan sambutan sekaligus melepas kirab santri yang bertemakan "Santri Zero Waste", di Lapangan Islamic Center NTB, Rabu (30/10/2019). 

Wakil Gubernur dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa para santri se-pulau Lombok melalui event ini  membuktikan dukungannya pada program Zero Waste atau bebas sampah. Santri diminta ikut mengubah sampah yang awalnya membawa penyakit menjadi sesuatu yang berkah dan bernilai.

"Dengan memilah sampah dari rumah, dari pondok, dari sumber sampah, dengan demikian sampah plastik bisa langsung dijual, didaur ulang atau dijadikan ecobrick," jelas Wagub.

Selain itu, santri yang ada di Nusa Tenggara Barat, diharapkan bisa berpartisipasi mensukseskan program zero waste atau NTB bebas sampah.

“Selain masyarakat secara umum, sebagai kaum terpelajar, santri juga harus mengambil bagian dan bisa menjadi terdepan membantu mewujudkan NTB bebas sampah” imbuhnya.

Wagub juga menjelaskan bahwa, beberapa pesantren selama ini telah memiliki program pengelolaan sampah. Seperti pengolahan sampah organik sebagai kompos, maupun pengolahan sampah anorganik menjadi aneka kerajinan plastik. Inovasi pengelolaan sampah seperti itu, diharapkan bisa ditiru, sehingga masalah sampah nantinya bisa tertangani dengan baik. 

“Dalam ajaran Islam, kebersihan itu adalah sebagian dari iman, sehingga rasanya sangat tepat, santri bisa mengambil peran dalam mengurangi masalah sampah di NTB,” tandasnya. (Humas NTB/TL/Red).