logo


ZCU Tinjau Bale Mangrove di Poton Bako

Berikut penjelasanya
242 View

ZCU Tinjau Bale Mangrove di Poton Bako
M. Zaini_Tajuklombok/istimewa

TAJUKLOMBOK. COM - Hutan Mangrove di Dusun Poton Bako Desa Jerowaru merupakan salah satu objek wisata yang disulap oleh pemuda setempat dan diberi julukan "Bale Bako Wisata Alam".

Ditengah mandulnya inisiatif pemuda karena diterjang pandemi covid-19, secara swadaya pemuda Potong Bako bersinergi untuk membangun, dan memperhatikan dusunnya sendiri guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

"Sangat mengapresiasi terhadap pemuda di dusun Poton Bako, Desa Jerowaru. Mau secara swadaya untuk menyulap hutan bako menjadi objek wisata," ujar M. Zaini atau yang lebih dikenal dengan Zaini Canter Umat (ZCU), saat mengunjungi Bale Bako, Selasa (05/01/2021).

Lebih faktalistic ZCU melihat kondisi selama ini birokrasi, diserap hanya sekedar pelatihan saja, pemerintah harus menyiapkan anggaran untuk para Pokdarwis yang ada di Lombok Timur. Apa bila ini tidak di sentuh oleh kebijakan, maka ini akan mati.

"Tentu pemerintah arus cepat respon dengan anggaran, tidak hanya program saja," jelasnya.

Dikatakannya, secara juklak dan juknis, ia harus banyak turun kebawah untuk mengetahui kondisi dibawah seperti apa. 

"Gaya blusukan ini, supaya kami tau kondisi di bawah, dan menjadi visi misi kami nantinya. Selama 2 tahun kami memang suka blusukan dan rutinitas di wilayah terisolir. Secara juklak/juknis seperti kawasan Sembalun, dan Jerowaru ini mutlak haknya harus di fasilitasi," ucapnya. 

Ia juga menyinggung tentang akan adanya Tenaga Bayu dan Tenaga Listrik di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru. 

"Semoga saja cepat program ini di laksanakan. Selama kami blusukan, dan di bidang SDM di Pemerintah kami mengatahui betul aspirasi masyarakat yang di butuhkan," terangnya. (TL/Red).

Laporan : Yayan

Editor : Amaq Auliya